Senin, 30 Mar 2020
Banner Menu
Detail Utama 1
  • Home
  • Pariwisata
  • Masak Apa Hari Ini : Sup Bola Udang dan Ayam Kecap Singapura

Kuliner

Masak Apa Hari Ini : Sup Bola Udang dan Ayam Kecap Singapura

Redaksisib Minggu, 23 Februari 2020 11:15 WIB

Ayam Kecap & Sup Bola udang Mentimun

Meskipun memakai bahan sederhana asal diolah dan dibumbui dengan tepat bisa jadi masakan spesial. Seperti sup bola udang dan ayam kecap yang gurih sedap.

Udang segar ukuran kecil juga enak dibuat bola-bola. Digoreng hingga wangi dan diberi kaldu ayam yang gurih. Bisa ditambah aneka sayuran sesuai selera. Makin enak dimakan selagi hangat.

Ayam kecap favorit semua orang karena rasanya manis gurih dan enak dimakan dengan nasi hangat. Ayam kecap gaya Singapura sedikit berbeda. Memakai cabai dan jamur shitake sebagai campurannya.

Kalau bosan dengan bakmi dan bihun, suun juga enak diolah jadi salad yang segar. Bisa jadi pilihan buat yang berdiet karbo. Ditambah sayuran dan saus kacang yang gurih pedas rasanya makin enak.
Rekomendasi resep ini bisa jadi pilihan untuk resep harian keluarga. Nah, mana yang jadi pilihan Anda hari ini?

1.Sup Bola Udang Mentimun
Udang segar ukuran kecil tak hanya bisa jadi campuran tumisan atau masakan lain tetapi juga bisa dibuat bola-bola. Udang kecil yang segar rasanya lebih manis dan gurih. Pilih yang segar dengan kepala dan kulit masih lengket.
Setelah dicampur dengan bahan lainnya, adonan udang bisa digoreng sesendok teh penuh sambil bentuk agar bulat dengan bantuan dua sendok teh. Goreng hingga warnanya kuning kecokelatan dan wangi. Sebaiknya campurkan bola udang dalam kuah kaldu saat akan disajikan agar tetap renyah rasanya.
Kaldu untuk sup ini bisa memakai kaldu udang atau kaldu ayam. Manfaatkan kulit dan kepala udang untuk membuat kaldu. Atau tulang-tulang punggung dan sayap ayam untuk campuran kaldu. Tambahkan bawang putih cincang, merica dan garam agar rasa kaldu lebih enak.
Sayuran bisa ditambahkan, selain mentimun bisa dipadukan dengan wortel, bokchoy, sawi, brokoli dan sayuran lainnya. Jika akan diberikan pada anak, potong sayuran ukuran kecil. Jangan merebus terlalu lama agar sayuran tetap renyah dan segar.

2.Ayam Kecap Nonya
Ayam kecap bahan utamanya ayam dan kecap manis. Untuk ayamnya, pilih ayam kampung muda yang gemuk atau ayam jantan. Jika memakai ayam negeri, buang lemak berlebihan karena akan membuat ayam kecap terlalu berminyak.
Jamur hioko atau shitake sebagai campuran ayam kecap Singapura bisa dipilih yang segar atau kering. Rasa empuk juicy jamur ini memberi rasa umami yang enak. Jika memakai jenis yang kering, rendam dulu dalam air mendidih atau panas hingga lunak. Air perendamnya bisa dicampurkan dalam kuah ayam dan direbus bersama ayam.
Jika ingin memasak ayam kecap Singapura ini untuk stok, simpan dalam wadah bertutup di lemari es. Saat akan disajikan bisa dikukus atau tambahkan sedikit air dan dimasak hingga kuahnya kental.

3.Salad Suun dan Wortel
Jika Anda ingin mengurangi asupan karbohidrat, suun bisa jadi pilihan pengganti mie dan bihun. Suun dibuat dari sari kacang hijau. Teksturnya lembut mulur dan mengenyangkan. Pilih suun yang berkualitas bagus.
Suun kering biasanya dijual dengan kemasan 100 gram, 250 gram hingga 500 gram. Agar mudah dikonsumsi, gunting suun hingga jadi potongan besar. Rendam dalam air mendidih hingga mengembang dan lunak. Angkat dan tiriskan.
Sebagai sausnya dipakai selai kacang botolan, bisa dipakai jenis yang creamy halus atau chunky yang renyah. Aduk saus dengan suun dan sayuran saat akan disajikan agar tidak berair dan rasanya gurih pedas. Cara membuatnya bisa dilihat di resep ini. (detikFood/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments