Jumat, 20 Sep 2019

Malaysia Negara Tiga Besar Pemasok Turis ke Bali

Minggu, 30 Maret 2014 20:32 WIB
Denpasar (SIB)- Warga negara Malaysia semakin banyak datang menikmati perjalanan wisata ke Bali bahkan negeri jiran itu tercatat sebagai negara tiga besar pemasok turis asing ke Pulau Dewata pada awal 2014.

"Hal itu terbukti dari jumlah kunjungan turis asing asal Malaysia yang berlibur ke Bali hampir setiap bulan bertambah banyak," kata pengamat pariwisata dan pemandu wisata daerah ini, Wayan Sudana, di Denpasar, Selasa.

Sesuai data dari Dinas Pariwisata Bali, jumlah turis Malaysia yang datang berlibur ke Bali sebanyak 33.560 orang selama Januari-Pebruari 2014 bertambah 29,31 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu hanya 25.954 orang.

Kedatangan turis Malaysia tersebut mampu menggeser kedudukan Jepang yang bertengger selama ini di peringkat tiga melorot menjadi empat besar, dengan 30.691 orang atau melorot 2,62 persen jika dibandingkan Januari-Pebruari 2013 mencapai 31.517 orang.

Bertambah banyak turis Malaysia, Thailand, Vietnam dan Filipina yang datang berlibur ke Bali, secara keseluruhan jumlah turis dari kawasan ASEAN dua bulan I-2014 tercatat 67.357 orang atau 12,14 persen dari kedatangan turis asing ke Bali sebanyak 555.015 orang.

Ia mengatakan, Malaysia bersama Singapura di kawasan ASEAN, tercatat sebagai sepuluh negara pemasok turis asing terbanyak ke Bali, selain Australia yang menempati posisi tertinggi, menyusul asal Tiongkok dan Malaysia  diurutan ketiga.

Pergolakan politik antarnegara berdampak pada kunjungan antarmasyarakat namun semua itu tidak akan berlangsung lama, apalagi Indonesia bertetangga dengan Malaysia tidak akan berpengaruh besar dan sifatnya sementara, kata dia.

Wisatawan mancanegara asal Malaysia sudah semakin ramai datang menikmati perjalanan wisata ke Bali tentu semua itu berkat transportasi udara semakin lancar dan mereka tampaknya tidak khawatir akan peristiwa yang pernah terjadi tempo hari.

Turis asal Malaysia senang mendatangi objek-objek menarik yang ada di Bali, karena merasakan aman dan nyaman berada di Pulau Dewata, tutur Wayan Sudana yang pernah berprofesi sebagai pemandu wisata belasan tahun di daerah ini. (Ant/d)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments