Selasa, 12 Nov 2019
  • Home
  • Pariwisata
  • Makin Berani Tahun 2017, Ayo Coba Aneka Wisata Ekstrem

Makin Berani Tahun 2017, Ayo Coba Aneka Wisata Ekstrem

Minggu, 15 Januari 2017 14:26 WIB
Jakarta (SIB) -Mungkin ada di antara traveler yang belum pernah melakukan olahraga ekstrem. Di tahun 2017 ini, cobalah jajal aneka kegiatan nan menantang adrenalin.

Ada banyak kegiatan wisata ekstrem yang bisa bikin hidup makin seru. Misalnya saja aktivitas bungee jumping hingga parayalang yang sarat adrenalin. Kemudian juga ada flyboarding yang belakangan tengah naik daun.

Dikumpulkan dari berbagai sumber, Kamis (5/1), inilah aneka kegiatan ekstrem yang bisa bikin tahun 2017 kamu makin greget:

 1. Rafting
Kegiatan ekstrem seru pertama adalah rafting. Ya, menyusuri jeram deras dengan perahu pelampung masuk dalam kategori olahraga ekstrem. Namun dibanding olahraga ekstrem lainnya, arung jeram ini bisa dibilang tidak terlalu ngeri tapi tetap seru.

Banyaknya sungai di Indonesia dengan arus yang cukup kencang pun memudahkan traveler untuk memilih lokasi rafting. Seperti di Sukabumi dan Magelang.

Paling asyik rafting dilakukan ramai-ramai bersama teman. Mengarungi sungai berarus kencang di atas perahu, dengan batuan besar di berbagai sisi pastilah seru dan memacu adrenalin. Yang penting, jangan lupa untuk memakai pengaman seperti pelampung dan helm sebelum mulai rafting.

 2. Paralayang
Paralayang mungkin tampak sederhana, tapi adrenalin pun bisa terpacu maksimal. Selama mencoba paralayang, wisatawan akan dibawa terbang hingga lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut.

Rasa ngeri pastilah muncul, tapi kengerian bisa berkurang ketika melihat pemandangan indah yang tersaji di bawah. Jika berani, sempatkan untuk selfie dengan perangkat kamera yang aman dan mudah digunakan. Pasti bakalan bikin iri teman-teman yang belum mencoba paralayang.

Banyak tempat yang bisa didatangi untuk mencoba paralayang di Indonesia. Misalnya kawasan Puncak di Bogor, Gunung Panten di Majalengka dan lain sebagainya.

 3. Diving
Alam Indonesia tak hanya indah di daratannya saja, tapi juga di bawah laut. Banyak tempat yang bisa diselami keindahannya. Mulai dari Aceh di ujung barat Indonesia hingga Raja Ampat di Papua.

Sebelum mencoba diving, berlatihlah terlebih dahulu dan dapatkan sertifikat menyelam. Karena diving bukanlah olahraga yang main-main, fisik pun harus prima untuk merasakan diving yang aman dan maksimal.

Jika sudah siap, pilihlah destinasi diving di daerah yang diinginkan dan nikmati keindahan bawah laut Indonesia. Jangan mau kalah dengan turis asing yang sudah banyak menyelami keindahan alam bawah laut di Tanah Air.

4. Kuliner ekstrem
Di samping daging ayam dan ikan yang biasa masyarakat Indonesia makan, ada pula aneka kuliner tak biasa yang bisa dicicipi. Bayangkan, belalang, ulat sagu, cacing, tikus hingga biawak rupanya juga dikonsumsi di beberapa daerah di Indonesia.

Tak hanya di Indonesia, negara lain pun punya aneka kuliner ekstrem yang bisa traveler coba. Di Beijing, ada pasar yang menjual food street kalajengking goreng hingga bintang laut. Bahkan laba-laba pun jadi gorengan juga di Kamboja. Berani coba?

5. Bungee jumping
Wahana bungee jumping ini memang begitu memacu adrenalin wisatawan yang mencobanya. Melompat dari ketinggian dengan kaki terikat pastilah ngeri-ngeri seru. Sensasi terjun dari ketinggian dengan bungee jumping tentu tidak terlupakan.

Bungee jumping bisa dilakukan di dalam dan luar negeri. Untuk di Indonesia, wisatawan bisa mencobanya di Bali. Awalnya memang akan diajak lompat bersama instruktur atau tandem, tapi untuk kali berikutnya silahkan menjajal terjun sendiri dari ketinggian yang mencapai puluhan bahkan ratusan meter.

6. Slingshot
Slingshot ini seperti kebalikan dari bungee jumping. Jika saat bungge jumping wisatawan akan terjun ke bawah, di wahana slingshot wisatawan akan dilontarkan ke udara hingga puluhan meter sambil duduk di kursi. Belum selesai sampai di sini, tali slingshot akan kembali menarik turun ke posisi awal dan melontarkan kursi ke udara lagi.

Ketegangan pastilah terasa. Lepaskan saja rasa takut dan tegang dengan berteriak selama main wahana slingshot. Nikmatilah saat-saat menegangkan selama beberapa menit di wahana ekstrem ini.

Tampaknya belum banyak operator slingshot di Tanah Air. Salah satu tempatnya ada di Bali. Jika plesir ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, traveler juga bisa menjajal wahana ekstrem yang satu ini.

7. Flyboarding
Saat liburan ke Bali, jangan hanya berenang di pantai saja. Cobalah salah satu olah raga air yang anti mainstream ini, yaitu terbang dengan flyboard. Traveler yang penasaran, bisa mencobanya di Tanjung Benoa, Nusa Dua, Bali.

Flyboarding memadukan antara snowboard, ski, serta terbang seperti superhero. Traveler akan berdiri di atas papan dan menggunakan alat-alat sedemikian rupa untuk terbang di atas permukaan laut, dengan memanfaatkan daya dorong air yang dipompa mesin jet ski berkekuatan 200 PK.

Jika baru pertama mencoba jangan khawatir. Ada instruktur yang akan menjelaskan penggunaan secara detail. Saat terbang traveler juga harus menggunakan pelampung demi keselamatan.

Setelah membaca artikel ini, tentunya kamu dapat banyak informasi tentang aneka kegiatan wisata ekstrem. Jadi mau coba kegiatan ekstrem yang mana nih di tahun 2017? (detikTravel/l)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments