Rabu, 18 Sep 2019

Kisah Jalan Paling Mengerikan Sedunia di India

admin Minggu, 18 Agustus 2019 13:38 WIB
Himanshu Khagta/BBC
Pangi Valley di India
Berada di ketinggian, berbatu dan tanpa pembatas, inilah Alwas-Killar Road. Tanpa ada jaminan keamanan, jalan ini menjadi yang paling mengerikan di dunia.

Pegunungan Himalaya punya panjang sekitar 2.400 km, melewati Pakistan, India, Nepal, China dan Bhutan. Di sebuah distrik terpencil di antara Jammu dan Kashmir ada sebuah lembah bernama Pangi.

Diintip dari BBC, Rabu (14/8) Lembah Pangi adalah area tersembunyi yang berada di rute Saach Pass. Meski demikian, lembah ini memiliki pemukiman yang didiami oleh orang-orang Chamba.

Sebelum membahas betapa mengerikannya jalan ini, detikcom mau mengulas sedikit tentang adanya kawasan ini. Kalau mengerikan dan terpencil, mengapa ada yang mau tinggal di sana?

Sebelum abad ke-16, orang-orang Chamba melarikan diri dari penjajah Mughal. Mencari tempat bersembunyi yang sulit ditemukan, Lembah Pangi adalah pilihan yang pas.

Saking amannya, keluarga bangsawan akan mengirimkan wanita dan anak-anak mereka ke lembah ini. Mereka percaya di lembah ini, anak cucu mereka akan hidup dengan damai tanpa gangguan penjajah.

Mulai masuk ke abad-16, Kerajaan Chamba merubah stereotype lembah Pangi. Kerajaan akan mengirimkan pejabat yang lalim ke lembah ini dengan harapan tak pernah kembali.

Kasarnya, lembah ini adalah tempat pengasingan atau penjara seumur hidup. Para pejabat yang dikirim akan diberi uang saku agar tidak usah kembali lagi ke kota.

Memang dibuat tersembunyi, lembah Pangi pun memiliki jalan yang mengerikan. Jalan Alwas-Killar Road berada di ketinggian 4.400 mdpl dengan bentangan 127 km. Untuk 30 km saja, dibutuhkan sekitar empat jam perjalanan.

Jalan ini membelah sisi pegunungan dengan tepi jurang yang curam. Alwas-Killar Road hanya bisa dilewati oleh satu mobil dalam sekali perjalanan.

Kalau sampai ada dua mobil berlawan, salah satu kendaraan harus mengalah dengan mundur perlahan sampai berkilo-kilo. Untuk maju saja, mobil akan sangat kesulitan karena batu dan liku jalan sungguh berbahaya. Apalagi kalau mundur.

Biasanya, jalanan ini bisa dijajal pada bulan Juli sampai pertengahan Oktober. Kalau sudah lewat bulan tersebut, Alwas-Killar Road nyaris tertutup salju.

Traveler yang mau mencoba jalan mengerikan ini butuh sedikit persiapan. Meski berbahaya, namun pemandangan yang diberikan oleh jalan ini sungguh indah tak terlupakan! (detiktravel/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments