Jumat, 22 Nov 2019

Kereta Uap Terbesar di Dunia Kembali Beroperasi

admin Minggu, 04 Agustus 2019 15:49 WIB
Dengan gumpalan asap mengepul ke langit, lokomotif uap terbesar di dunia meninggalkan Wisconsin pada Jumat (26/7) pagi, menuju perhentian sore di Chicago Barat.

Kembali ke rel untuk pertama kalinya setelah enam dekade, kereta Big Boy melakukan perjalanan melintasi Midwest untuk menandai peringatan 150 tahun pembangunan Transcontinental Railroad pada tahun 1869.

Hanya 25 dari mesin Big Boy yang dirakit, pada awal 1940-an. Lokomotif yang beroperasi ini merupakan sisa satu-satunya di dunia.
Pada zaman dulu kereta Big Boy digunakan untuk mengangkut barang melalui Pegunungan Wasatch di timur laut Utah, dikutip dari majalah Trains.

Setelah beroperasi lebih dari 1 juta mil di jalur kereta api Barat, mesin No. 4014 dipensiunkan pada tahun 1961 dan diberikan kepada Railway and Locomotive Historical Society di California Selatan.

Insinyur Union Pacific telah melakukan pekerjaan restorasi pada 4014 selama dua tahun terakhir di Cheyenne, Wyoming.
Mesin uap tiba pada Selasa (23/7) di Altoona, Wisconsin, sekitar 90 mil sebelah timur Minneapolis. Ribuan orang berkumpul untuk melihat pemandangan bersejarah itu.

"Ini semacam pengalaman emosional bagi kami, karena orang-orang sangat senang melihat lokomotif," Ed Dickens, yang memimpin operasi peninggalan Union Pacific, mengatakan kepada afiliasi CNN, WEAU.

Dia mengatakan bahwa kerumunan yang penuh kegembiraan membuat 2,5 tahun pekerjaan merestorasi lokomotif menjadi tak sia-sia.

Lokomotif seberat 600 ton itu meninggalkan Butler, Wisconsin, pada jam 8 pagi hari Jumat dalam perjalanan ke Chicago, kata majalah Trains.

Jadwal dari Union Pacific mengatakan Big Boy akan tiba di Chicago Barat untuk acara-acara sepanjang akhir pekan.
Kemudian menuju ke barat ke Rochelle, Illinois, pada Selasa (30/7) pagi dan akan melintasi Iowa, dengan berhenti di Cedar Rapids dan Des Moines.

Pada tanggal 2 Agustus, kereta akan berada di Omaha, Nebraska, selama akhir pekan. Lalu ia akan kembali ke Union Pacific Steam Shop di Cheyenne pada 8 Agustus.

Union Pacific bakal mengunggah jadwal melintas lokomotif uap terbesar di dunia itu melalui akun Twitter resminya. (CNNI/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments