Jumat, 21 Feb 2020
  • Home
  • Pariwisata
  • Bukan Sekadar Bandara, Taman Kupu-kupu sampai Berenang di Changi

Bukan Sekadar Bandara, Taman Kupu-kupu sampai Berenang di Changi

Minggu, 19 Oktober 2014 20:10 WIB
Jakarta (SIB)- Bandara Changi Singapura bukan sekadar bandara. Bahkan, bisa dibilang Changi merupakan destinasi wisata itu sendiri. Tak hanya bagi wisatawan tetapi juga penduduk setempat.

"Orang Singapura sendiri biasa ke Changi untuk pelesiran, jalan-jalan, belanja, dan makan," ungkap Assistant Vice President Corporate and Marketing Communications Changi Airport Group, Robin Goh di Jakarta, Rabu (15/10).

Ia menuturkan Changi sudah menjadi destinasi seperti mal bagi orang Jakarta. Tak heran, karena di bandara ini ada beragam aktivitas wisata, mulai dari toko-toko, tempat makan, kolam renang, taman hingga bioskop.

Robin menuturkan, orang Indonesia yang singgah di Bandara Changi karena memang destinasi yang dituju Singapura atau sekadar transit, sangat senang berbelanja di bandara ini.

Bahkan data dari Changi Airport Group, untuk pengeluaran terbesar rata-rata per orang selama di Bandara Changi menyebutkan Indonesia berada di peringkat keempat. Menurut Robin, harga barang-barang di bandara yang lebih murah karena bebas pajak, penyebab orang Indonesia senang berbelanja di Changi.
"Ada sekitar 350 toko barang dan jasa di bandara. Juga lebih dari 120 restoran di seluruh terminal," tutur Robin.

Tak hanya itu, di Bandara Changi yang memiliki tiga terminal dan total lahan seluas 1.300 hektar tersebut, ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan selama di bandara. Sebab bandara ini dilengkapi fasilitas yang memang wajib dimiliki sebuah airport hub.

"Di Changi ada taman, dan banyak yang tidak tahu di sini juga ada kolam renang. Jadi jika suatu saat ada rencana transit di Singapura, jangan lupa bawa baju renang," tutur Robin.

Bahkan ada lima taman di kawasan bandara, baik di dalam maupun luar ruangan. Sebut saja taman kaktus, Enchanted Garden, taman anggrek, taman bunga matahari, dan taman kupu-kupu.

Butterfly Garden atau taman kupu-kupu milik Changi ini merupakan yang pertama di dunia. "Di dalam taman ada 1.000 kupu-kupu yang beterbangan. Jadi bisa saja hinggap di kepala atau wajah Anda," cerita Robin.

Fasilitas lainnya adalah kolam renang, sebuah fasilitas yang jarang ditemui di bandara. Ada pula jacuzzi, pusat kebugaran, dan tempat refleksi ataupun pijat hingga potong rambut di beberapa lounge. "Kami juga ada 4 hotel, tiga di antaranya adalah transit hotel," kata Robin.

Ia juga menambahkan fasilitas lainnya adalah bioskop, area permainan game consoles, area bermain untuk anak-anak, fish spa, TV lounges, hingga wahana seluncuran atau slide. Sebagian besar fasilitas-fasilitas ini bisa dinikmati gratis untuk penumpang pesawat transit. Tentu terkecuali untuk fasilitas lounge dan hotel. (kompas.com/d)
T#gs
Berita Terkait
    Komentar
    Komentar
    Silakan Login untuk memberikan komentar.
    FB Comments