Kamis, 12 Des 2019

Bali Tetap Populer Bagi Turis Spanyol

Minggu, 02 Februari 2014 12:28 WIB
London (SIB)- Pulau Bali masih tetap menjadi tempat tujuan berwisata yang populer bagi turis Spanyol yang ingin berkunjung ke Indonesia selain ke Kalimantan dan Papua.

Hal ini terungkap dalam hasil kuesioner yang dilakukan stan Indonesia pada pameran pariwisata Internasional (FITUR) 2014 yang  dibuka Pangeran Asturias, Felipe de Borbon, demikian Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Madrid, T. Satrio Nugroho kepada Antara London, Selasa.
Pameran Internasional Pariwisata (Feria Internacional de Turismo, Fitur - FITUR) 2014 merupakan pameran ke-34, salah satu pameran pariwisata terbesar di Eropa yang diadakan di Madrid selama empat hari tanggal 22 hingga 26 Januari lalu.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Indonesia berpartisipasi dalam FITUR 2014 yang diikuti 9.000 industri pariwisata berasal dari 165 negara, dihadiri sekitar 220.000 pengunjung, merupakan kenaikan lima persen dibandingkan tahun lalu.

Dalam FITUR kali ini stan Indonesia diwakili Viajes Catur dan menyebarkan kuesioner singkat mengenai persepsi pariwisata Indonesia kepada 175 pengunjung. Dari kuesioner singkat tersebut diperoleh gambaran antara lain minat berkunjung ke Indonesia tidak saja ke Bali, namun juga tidak sedikit yang memilih Kalimantan dan bahkan Papua.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, stan Indonesia berada di stan Asia Pasifik, secara umum meskipun jumlah peserta meningkat namun sebagian besar mengurangi luas stan. Stan China, India, Thailand tetap dominan namun lebih sederhana dibandingkan tahun lalu. Sebaliknya, stan dari berbagai daerah di Spanyol menonjolkan kemegahan.

Hal ini dapat dimaklumi mengingat jumlah wisatawan asing ke Spanyol pada tahun 2013 mengalami peningkatan yang mencapai total sebesar 55,8 juta.
Pengusaha agen perjalanan maupun masyarakat Spanyol yang berminat ke stan Indonesia umumnya tertarik untuk berwisata dengan tujuan utama adalah Bali, meskipun Kalimantan dan Papua juga banyak diminati.

Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) Rahmadi Utomo, menilai tahun ini Indonesia menampilkan kesederhanaan mengingat krisis ekonomi yang masih melanda Spanyol dinilai belum mampu meningkatkan jumlah wisatawan Spanyol ke Indonesia.

Namun demikian partisipasi Indonesia yang secara kontinyu sejak pertama kali FITUR diadakan merupakan tanda bahwa Indonesia sebagai salah satu alternatif kunjungan wisatawan Spanyol dan masyarakat Eropa lainnya.

Stan Indonesia mempromosikan penerbangan Garuda Amsterdam - Jakarta - Amsterdam. Hal ini mengingat mulai bulan Maret 2014, Garuda Indonesia menjadi anggota dari Sky Team yang terdiri dari antara lain: Air Europa, KLM, Etihad, Vietnam Airlines dan lainnya.

Kehadiran Garuda diharapkan dapat membantu agen perjalanan di Spanyol dapat mengemas paket kunjungan ke Indonesia termasuk dengan biaya tiket pesawat, seperti dilakukan agen perjalanan Thailand dan India.

Beberapa tetangga Indonesia seperti Thailand menggelar stan yang agresif dengan berbagai atraksi seperti pijat Thailand gratis juga mampu menarik perhatian pengunjung, demikian T. Satrio Nugroho. (Ant/q)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments