Jumat, 21 Feb 2020

11 Fenomena Kolom Basal Terunik di Dunia

Redaksisib Minggu, 09 Februari 2020 13:56 WIB

GIANT'S CAUSEWAY

Kolom basal merupakan salah satu formasi batuan dengan bentuk paling unik yang pernah ada di muka bumi. Berupa kolom-kolom batu yang terbentuk karena proses vulkanik atau erosi yang terjadi di masa lampau.

Ada yang berbentuk menyerupai prisma, balok, bahkan sisik. Semuanya menampilkan keunikan lansekap bagi siapapun yang memandang.

Berikut ini kami tampilkan beberapa karang laut yang terbentuk dari kolom basal paling menakjubkan di dunia yang dirangkum dari From The Grapevine dan sumber-sumber lainnya.

1. Giant's Causeway - Irlandia Utara
Formasi kolom basal paling terkenal di dunia barangkali adalah Giant's Causeway. Giant's Causeway merupakan deretan batu karang unik yang ada di County Antrim, pantai timur laut Irlandia Utara.
Batu karang di sini tersusun dari kolom-kolom basal berbentuk prisma segi enam. Ada pula yang berbentuk prisma segi empat, lima, tujuh, atau delapan.
Menurut UNESCO World Heritage Centre, kolom-kolom basal ini terbentuk karena letusan gunung berapi yang terjadi pada zaman purba. Tetapi cerita rakyat yang berkembang di tengah masyarakat justru menyebutkan Giant's Causeway sebagai puing jembatan batu yang dibangun raksasa dari zaman purba.

2. Fingal's Cave - Skotlandia
Fingal's Cave yang terletak di pulau tak berpenghuni Staffa, Skotlandia adalah sebuah fenomena geologi yang unik dan tak ada duanya.
Gua ini adalah bagian dari National Nature Reserve yang dimiliki oleh National Trust for Scotland. Gua pinggir laut ini memiliki kondisi alami yang menakjubkan, berupa kolom-kolom basal heksagonal dalam jumlah masif yang tersusun rapi membentuk penyangga interior gua.

3. Devils Postpile National Monument - Amerika Serikat
Devils Postpile National Monument yang ada di California, Amerika Serikat disebut salah satu contoh formasi kolom basal terindah di dunia. Menurut keterangan di National Parks Service, monumen alam ini menjulang setinggi 60 kaki atau sekitar 18 meter dengan simetri yang unik.

4. Hexagon Pool - Israel
Dikenal juga dengan nama Breichat HaMeshushim, Hexagon Pool merupakan destinasi wisata populer di bagian utara Israel. Tempat ini ramai dikunjungi wisatawan untuk hiking dan berenang.

5. Svartifoss - Islandia
Svartifoss adalah nama air terjun yang berada di Skaftafell in Vatnajokull National Park, Islandia. Air terjun ini mengalir dari ketinggian tebing yang tersusun dari batu-batu gelap dengan bentuk serupa balok.
Tak hanya tebingnya saja yang berbentuk unik. Batu-batu sungai yang tersebar di bawah air terjun pun memiliki bentuk serupa. Seperti kubus batu yang berserakan di tepi sungai.

6.Jurang Takachiho - Jepang
Jurang dengan tebing-tebing hijau dan sungai sewarna zamrud ini berada di wilayah selatan Jepang. Tingginya mencapai 300 kaki atau sekitar 91 meter. Kalau kolom basal lainnya terbentuk akibat lahar gunung berapi, bebatuan persegi di Takachiho terbentuk oleh proses erosi yang disebabkan aliran air dari Air Terjun Manai.

7. Los Prismas Basalticos - Meksiko
Ngarai berhias kolom basal, Los Prismas Basalticos di Hidalgo, Meksiko dikenal dengan air terjun dan sungai indah yang melaluinya. Tebing di sana menjulang setinggi 98 kaki. Sama seperti Takachiho, Los Prismas Basalticos juga terbentuk oleh proses pengikisan oleh air.

8. Cape Stolbchaty - Rusia
Kolom-kolom basal di Pulau Kunashir, Kepulauan Kuril, terbentuk dari lahar gunung berapi yang mendingin 50 juta tahun yang lalu. Hasil akhirnya adalah struktur kolom basal menakjubkan di sepanjang pesisir Laut Okhotsk. Tempat ini termasuk bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO.

9. Ghenh Da Dia - Vietnam
Ghenh Da Dia adalah batu karang unik yang memenuhi tepi pantai An Ninh Dong, Tuy An, Provinsi Phu Yen, Vietnam. Batu karang ini tersusun dari puluhan ribu batu berwarna cokelat kehitaman yang berbentuk prisma. Permukaan batu-batu yang datar menyerupai piring membuat baru karang tersebut diberi nama Ghenh Da Dia yang berarti 'tebing piring makan'. Menurut situs Vietnam Tourism, batu-batu karang ini terbentuk karena letusan gunung berapi pada zaman purba.
Batu karang Ghenh Da Dia mengelilingi sebuah kolam air tawar di tepi pantai yang tidak pernah mengering. Menurut mitos yang dipercaya penduduk setempat, kolam tersebut bersumber dari sungai bawah tanah.

10. Los Organos - Spanyol
Kepulauan Canary, tepatnya di bagian utara pantai La Gomera, Spanyol juga terdapat jajaran batu karang unik yang dinamai Los Organos. Dinamakan demikian karena batu karang tersebut jika dilihat sekilas tampak seperti pipa-pipa organ raksasa.
Sama seperti Ghenh Da Dia, batu karang ini juga terbentuk karena proses vulkanik yang terjadi jutaan tahun lalu. Letusan materi vulkanik yang kuat membuat endapan lava berubah bentuk menjadi pilar-pilar karang dengan ketinggian mencapai 800 meter.

11. Tebing Jusangjeolli - Korea Selatan
Tebing Jusangjeolli adalah formasi batu karang yang menghiasi pantai selatan Pulau Jeju, Korea Selatan. Penduduk setempat juga menyebut formasi yang tersusun dari ribuan kolom heksagonal tersebut dengan nama Batu Jisatgae.
Karang unik ini sering disebut Giant's Causeway-nya Korea Selatan. Tebing Jusangjeolli terbentuk dari letusan Gunung Hallasan, gunung utama yang berada di sekitar Pulau Jeju pada zaman purba.
Itulah fenomena batuan kolom basal terunik di dunia. (Merdeka.com/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments