Sabtu, 15 Agu 2020

Kualanamu Wajah Deliserdang

Gina Candra Kirana Senin, 02 Maret 2020 12:15 WIB
Foto SIB/Dok

Ilustrasi Kualanamu

Oleh Gina Candra Kirana
Siswa XII SMA Negeri 1 Lubukpakam
Pemenang Favorit 1 Lomba Menulis Biro Redaksi SIB Tebing Deli

Kualanamu merupakan salah satu bandara udara yang berada di Sumatera Utara. Bandara Kualanamu dibangun pada kawasan bekas perkebunan PT Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa, Beringin, Deliserdang, Sumatera Utara dan dikelola oleh PT Angkasa Pura II. Sejak awal kemunculannya, Bandara Kualanamu menjadi objek wisata masyarakat setempat hanya untuk mengambil gambar atau bahkan untuk melihat betapa luasnya Bandara Kualanamu. Hingga pada masa peresmiannya, yaitu pada tanggal 25 Juli 2013 Bandara Kualanamu menjadi ikon yang dibanggakan oleh masyarakat Deliserdang.

Tak hanya melayani rute domestik, Kualanamu juga melayani rute Internasional. Hingga saaat ini setelah Kualanamu berdiri kurang lebih 6 tahun lamanya Bandara Kualanamu telah menampung sekitar 25 juta penumpang per tahunnya. Banyak dampak yang ditimbulkan oleh adanya Bandara Kualanamu, baik yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat atau bahkan pemerintah setempat juga dapat merasakannya. Dari positif hingga negatif menjadi gambaran adanya Bandara Kualanamu ini. Keuntungan yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat di kawasan Kualanamu adalah semakin membaiknya infrastruktur yang menjadi penghubung ke Bandara Kualanamu.

Hal ini disebabkan oleh semakin tingginya angka kunjungan terhadap Bandara Kualanamu menuntut pemerintah untuk memperbaiki infrastrukturnya terutama jalan. Terbukti dengan dibangunnya jalan tol yang menjadi jalan pintas menuju bandara dan diresmikan pada tanggal 13 Oktober 2017. Tak hanya itu, keuntungan lain yang dirasakan langsung oleh masyarakat setempat adalah dengan semakin ramainya daerah permukiman yang menjadi daerah lalu lalang pewisata menuju Bandara Kualanamu sehingga menyebabkan naiknya harga kontrakan, tanah, rumah hingga ruko yang dijual.

Kesempatan emas itu ternyata tidak disia-siakan oleh beberapa orang yang memiliki modal usaha. Mereka membuat bangunan-bangunan yang banyak dicari oleh wisatawan seperti hotel dan restaurant. Tempat-tempat tersebut tentu saja membuka lowongan pekerjaaan, sehingga menambah daftar keuntungan adanya Bandar Udara Kualanamu bagi masyarakat. Selain bagi masyarakat, keuntungan adanya Bandara Kualanamu ternyata juga dapat dirasakan oleh pemerintah setempat, khususnya Deliserdang. Hal ini dikarenakan rute Internasional Kualanamu membawa wisatawan asing yang dengan segaja atau yang hanya mengalami transit di Bandara Kualanamu sehingga menjadi pengunjung ke daerah Deliserdang.

Selain dampak positif, ternyata ada segelintir dampak negatif yang ditimbulkan oleh adanya Bandara Kualanamu ini. Hal ini dikarenakan Bandara Kualanamu menyediakan rute penerbangan Internasional sehingga menyebabkan banyak wisatawan asing yang datang ke Sumatera Utara baik untuk tujuan menetap atau hanya untuk menghabiskan waktu karena transit, sehingga semakin banyaknya wisatawan asing yang transit di Bandara Kualanamu maka akan menyebabkan terpengaruhnya faktor sosial budaya masyarakat Deliserdang yang mengikuti penampilan dan gaya berbusana wisatawan asing tersebut.

Pembangunan Bandara Kualanamu terletak didaerah permukiman padat penduduk sehingga menyebabkan polusi suara. Hal lain yang patut diperhatikan adalah dengan berkurangnya lahan pertanian yang telah dialihfungsikan karena banyaknya lahan terbangun, dilakukan oleh pengusaha yang memiliki modal. Hal ini menyebabkan banyaknya masyarakat disekitar Kualanamu yang bermata pencaharian sebagai petani kehilangan perkerjaan.

Kehadiran Kualanamu sebagai Bandara Internasional terbesar di Deliserdang ternyata memberi banyak keuntungan bagi masyarakat bahkan pemerintah setempat. Namun sejak peresmiannya, Bandara Kualanamu tidak terlepas dari dampak negatif pula. Hal yang kita lakukan adalah dengan menganggap bahwa dampak negatif tersebut sebagai pemanis dari sekian banyak manfaat yang diberikan Kualanamu sebagai Bandara Internasional Deliserdang.(*)

Editor: Bantors

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments