Sabtu, 19 Okt 2019
  • Home
  • Olahraga
  • Tangani Timnas U-19 Indra Syafri Pakai Gaya Sendiri

Tangani Timnas U-19 Indra Syafri Pakai Gaya Sendiri

Jumat, 10 Januari 2014 11:41 WIB
Jakarta (SIB)- Usai meningkatkan kondisi fisik dalam persiapan tahap pertama, timnas Indonesia U-19 kini memfokuskan diri pada pematangan taktik dan teknik. Pelatih Indra Sjafri menegaskan akan mengusung gaya permainan sendiri.

Timnas U-19 kini menjalani persiapan tahap kedua jelang Piala Asia U-19, Oktober mendatang, di Myanmar. Jika di tahap pertama fokusnya adalah meningkatkan fisik dan daya tahan pemain, latihan tahap kedua ini fokus memperbaiki teknik pemain dan meningkatkan pemahaman taktik tim.

Untuk urusan taktik, Indra menyatakan, dirinya tak akan meniru gaya main tim-tim luar negeri yang dinilainya justru akan menyulitkan diri sendiri. Menu-menu latihan pun disiapkan sedemikian rupa untuk memaksimalkan sumber daya yang ada.

"Kita sudah masuk ke hari kedua tahap kedua, latihan banyak ke taktikal, mulai dari perbaikan skill dan pemahaman taktikal secara unit. Tentu ini harus bertahap dan kita betul-betul akan menata ini karena kita punya waktu yang panjang," kata Indra kepada para wartawan, usai memimpin latihan di lapangan Universitas Negeri Yogyakarta, Kamis (9/1) pagi WIB.

"Kita akan bikin sebaik mungkin dan kita sudah siapkan sesi-sesi latihan yang bisa membawa kita mencapai tujuan atau cara bermain yang diinginkan. Kita nggak mau memakai baju orang lain, kita nggak mau meniru cara-cara main orang lain. Kita main dengan cara yang sesuai yang ada SDM-nya di Indonesia," lanjutnya.

"Nah, selama ini, kita mau pakai baju orang lain. Berkiblat ke Eropa, berkiblat ke Amerika Latin. Akhirnya muncul kriteria-kriteria yang nggak ada di indonesia. Contohnya dulu pernah tinggi badan harus sekian. Kalau begitu harus diinstruksikan orang-orang tua bikin anak-anak yang tinggi, kan gitu. Nggak bisa," ujar pelatih asal Sumatera Barat ini.

"Jadi yang ada, yang pendek yang semua yang ada di Indonesia kita bikin cara mainnya. Nah ini kita siapkan sesi-sesi latihannya. Setelah itu kita uji kemampuan taktikalnya dengan 27 kali uji coba," tandas Indra.

Untuk uji coba, Indra mengatakan bahwa ada empat model ujicoba yang akan dijalani anak-anak asuhnya. Mulai dari bertanding dengan tim-tim lokal, hingga melakukan laga persahabatan di luar negeri.

"Ada empat model uji coba, satu tur nusantara. Ada tujuh titik, setiap titik minimal dua pertandingan tiga pertandingan maksimal. Kedua tur Timur Tengah, ketiga tur Eropa yang di masa prakompetisi kita lanjutnya nanti ada mini turnamen yang sesuai simulasinya dengan turnamen Piala Asia," katanya. (detiksport/ r)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments