Kamis, 21 Nov 2019

Sepakbola Direstui Ikut ke Asian Games

*PSSI GElar Kangres Tahunan di Surabaya
Rabu, 22 Januari 2014 09:50 WIB
SIB/int
Jakarta (SIB)- Keinginan PSSI mengirim tim sepakbola untuk mewakili Indonesia di ajang Asian Games 2014 hampir dipastikan terwujud, setelah mendapat restu dari otoritas terkait.

Ketua Dewan Satuan Pelaksana (Satlak) Program Indonesia Emas (Prima) yang juga ketua umum KONI Pusat, Tono Suratman, menyatakan dukungannya pada pengiriman tim sepakbola ke Incheon, Korea Selatan, pada September-Oktober mendatang.

Alasannya, prestasi cabang olahraga ini dinilai cukup membaik menyusul hasil dua SEA Games terakhir (2011, 2013), yang mana Indonesia berhasil lolos ke babak final walaupun tidak sampai jadi juara.

"Sepakbola ini mempunyai tempat sendiri di hati masyarakat Indonesia. Dengan atmosfer sepakbola yang sudah membaik. Apalagi, kami menilai dua medali perak di SEA Games bisa menjadi acuan kami di Asian Games. Setelah penyatuan kini saatnya kini mencoba ke level Asia," ungkap Tono ketika dihubungi, Selasa (21/1).

Meski begitu, Tono tidak ingin mematok target terlalu tinggi kepada cabang sepakbola di Asian Games. Dia berharap timnas Indonesia tampil sebaik mungkin.

"Persaingan dengan negara-negara Asia Timur dan Timur Tengah cukup berat," kata dia.

Selain Tono, pihak Kemenpora dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) juga sudah memberi lampu hijau apabila PSSI memang ingin mengirim tim (U-23) ke Incheon, walaupun dengan syarat menyiapkan fasilitas dan anggaran sendiri.

26 Januari, PSSI Gelar Kongres Tahunan di Surabaya
PSSI kembali akan menggelar kongres tahunan pada 26 Januari mendatang. Salah satu agenda kongres tersebut adalah mencanangkan program PSSI dalam satu tahun ke depan.

Rencananya kongres itu diadakan di Hotel Shangri-la, Surabaya. Kongres tersebut akan diikuti oleh 102 voter yang terdiri dari 32 pengprov (pengurus provinsi), 16 klub ISL, 16 Divisi Utama, 14 Divisi Satu, 12 Divisi Tiga, 10 Divisi Tiga dan dua asosiasi (pemain dan pelatih).

Sekjen PSSI Joko Driyono mengatakan pihaknya akan membahas beberapa hal di dalam kongres tahunan tersebut. Di antaranya reformasi liga amatir, penetapan rancangan kerja PSSI 2014, dan penetapan anggota baru PSSI.

"Ada beberapa agenda kongres. Salah satunya reformasi liga amatir, penetapan rancangan kerja PSSI 2014 dan penetapan anggota baru PSSI. Intinya seperti itu," ujar singkat Joko saat dihubungi, Selasa (21/1).

Terkait jumlah voter, Joko menyebut sebenarnya pihaknya menggunakan 108 voter. Akan tetapi ada beberapa voter tersebut yang mengalami masalah.
"Seperti pengprov harusnya 33, tapi karena pengprov Sulsel (Sulawesi Selatan) yang kami bekukan sementara jadi hanya 32," kata dia.
Kali terakhir PSSI menggelar pertemuan interen di Surabaya adalah rapat anggota Komite Eksekutif pada 8 April 2013. (detiksport/ r)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments