Jumat, 06 Des 2019
  • Home
  • Olahraga
  • Peraih Medali Olimpiade Pertama Bawa Obor Asian Games di Malang

Peraih Medali Olimpiade Pertama Bawa Obor Asian Games di Malang

* KRI Dewaruci Akan Bawa Obor Asian Games 2018 di Perairan Makassar
Minggu, 22 Juli 2018 19:17 WIB
Malang (SIB) -Obor (Torch Relay) Asian Games 2018 telah singgah di Kota Malang. Lilis Handayani, Srikandi atlet panahan nasional sekaligus penyumbang medali pertama untuk Indonesia di Olimpiade Seoul, ditunjuk sebagai pembawa obor di Kirab Obor yang disponsori PT Pertamina (Persero).

"Antusiasme warga menanti kedatangan obor api Asian Games diharapkan bisa menjadi energi bagi para atlet nasional yang akan berlaga mengharumkan nama bangsa," ungkap VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/7).

Lilis sengaja ditunjuk karena masih aktif di bidang olahraga panah nasional. Dia sekarang menjadi Kepala Pelatih Nasional Cabang Olahraga Panahan, Pendiri sekolah panahan LH-Srikandi Archery School di Surabaya, serta melatih anak-anaknya yang kini juga meneruskan jejaknya menjadi atlet panahan nasional yang akan turut berlaga pada Asian Games 2018 nanti.

Sebanyak 750 orang turut mengiringi perjalanan Lilis Handayani. Tak hanya berkirab, sejak siang, warga Malang telah berkumpul dan terlibat aktif dalam Pesta Rakyat yang digelar oleh Pertamina mulai Jumat (20/7) itu. Berbagai acara yang dilakukan, seperti Lomba Parade Asian Games yang diikuti oleh puluhan pelajar SMP dan SMA, karnaval sepeda, serta berbagai lomba dan hiburan.

Antusiasme masyarakat terhadap Asian Games ini tak lepas dari dukungan PT Pertamina sebagai salah satu Official Prestige Partner di Asian Games 2018. Selain dukungan pada Kirab Obor Asian Games 2018, Adiatma menambahkan, Pertamina juga membangun gedung Bowling Center di Jakabaring Sport City, Palembang dan memberikan bantuan dengan nilai total sebesar Rp 117 miliar, termasuk bentuk dukungan berupa barang dan jasa.

"Melalui dukungan ini, Pertamina berharap Asian Games 2018 ini akan berjalan dengan lancar, sehingga akan mengharumkan nama baik Indonesia di mata internasional karena telah sukses menyelenggarankan event olahraga tersebut," sambung Adiatma.

Pertamina senantiasa terlibat pada tahapan perhelatan olahraga akbar regional ini. Dalam rangkaian Kirab Obor Asian Games 2018, Pertamina turut berkontribusi dengan memberikan 81 tabung Elpiji 50 kg untuk mendukung Torch Relay dan Mini Cauldron sebagai tempat untuk menyalakan obor di sepanjang jalur yang dilalui. Elpiji Pertamina akan disediakan di 43 titik yang tersebar di 53 kota pada 18 provinsi.

Rencananya obor Asian Games 2018 tersebut akan dikirab mengelilingi kota-kota di Indonesia dari Aceh sampai Papua dengan menempuh 18 ribu km. Api Obor Asian Games 2018 mulai diarak dari Kota Yogyakarta (Kamis, 19 Juli 2018) dan akan berakhir di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Pertamina akan melakukan aktivasi torch relay di 4 kota dari 50 kota yang dilewati, yakni di kota Makassar, Malang, Pekanbaru dan Sorong.

Selain itu, Pertamina juga turut mengambil peran sebagai pembawa obor (Torch Bearer) di kirab obor di Jakarta pada 18 Agustus 2018, dengan diwakili oleh Heru Setiawan, Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia.

Torch Relay ini diselenggarakan dalam waktu satu bulan terhitung sejak 19 Juli 2018 dan akan sampai di Gelora Bung Karno pada tanggal 18 Agustus 2018 sebagai rangkaian menuju opening ceremony Asian Games 2018.

KRI Dewaruci Akan Bawa Obor Asian Games 2018 di Perairan Makassar
Kirab Obor Asian Games 2018 di Kota Makassar akan berlangsung berbeda dengan daerah lain. Hal ini dikarenakan prosesi kirab api obor Asian Games di kota Makassar akan diawali dari laut.

Tidak tanggung-tanggung, kapal legendaris TNI AL KRI Dewaruci akan membawa api obor Asian Games 2018 berlayar di perairan Makassar.

Obor Asian Games 2018 rencananya akan dikirab di kota Makassar pada tanggal 29 Juli 2018. Prosesi diawali dari laut menggunakan kapal yang sarat dengan prestasi dunia, yaitu KRI Dewaruci, menuju dermaga Layang Mako Lantamal VI Makassar.

Selain KRI Dewaruci, sejumlah kapal perang, Sea Rider, perahu tradisional, serta jet ski akan turut mengawal api obor Asian Games di perairan Makassar.

"Obor Asian Games ini akan berlayar menggunakan KRI Dewaruci dari perairan kota Makassar menuju dermaga layang Mako Lantamal VI dan Pemimpin TNI AL akan hadir dalam prosesi ini," kata Danlantamal VI Makassar Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono, melalui rilisnya, Sabtu (21/7).

Lebih lanjut, Dwi menyampaikan bahwa masyarakat yang ingin melihat peristiwa bersejarah ini dipersilakan datang ke Mako Lantamal VI karena kejadian ini sangat langka dan belum pernah terjadi sebelumnya.

"Pada hari itu Lantamal VI akan dibuka untuk umum, memberi kesempatan kepada masyarakat kota Makassar untuk masuk ke Markas Lantamal VI dan KRI Dewaruci saat itu menggelar open ship setelah sandar di dermaga Layang Lantamal VI. Jadi bagi masyarakat yang ingin menjelajah di atas KRI Dewaruci dipersilakan naik di atas kapal," jelasnya.

Obor Asian Games ini akan tiba dari Kabupaten Bulukumba pada Sabtu, 28 Juli 2018, kemudian diinapkan selama sehari dan kembali dibawa ke daerah lain di Indonesia. (detikSport/q)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments