Kamis, 21 Nov 2019

PSSI Bahas Isu Naturalisasi Ketemu Komisi X

redaksi Jumat, 08 November 2019 20:18 WIB
(Foto Ant/Nova Wahyudi)
RAKER: Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali (tengah) bersama Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 Mochamad Iriawan (kanan) dan Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (7/11/2019). Rapat kerja tersebut membahas rencana program prioritas di Kementerian Pemuda dan Olahraga tahun 2020 serta pertimbangan naturalisasi atlet.
Jakarta (SIB)
PSSI menggelar pertemuan dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat RI. Isu naturalisasi pesepakbola yang banyak dibahas. Raker itu berlangsung di kantor DPR RI kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (7/11) siang. Ketum PSSI yang baru, Mochamad Iriawan, hadir, ada juga Menpora, Zainudin Amali.

Dalam beberapa tahun belakangan memang ada banyak pesepakbola asing yang mengajukan permohonan menjadi Warga Negara Indonesia. Terbaru, ada Fabiano Beltrame.

Kebanyakan dari pemain asing yang ingin menjadi WNI itu sudah berusia lebih dari 30 tahun. Iwan Bule menjelaskan proses pengajuan naturalisasi Fabiano.

"Tadi agenda yang paling banyak dibahas adalah isu naturalisasi, soal Fabiano dilanjutkannya bukan untuk PSSI. Yaitu perorangan dengan sponsor madura united kami hanya merekomendasikan saja. Waktu itu yang tanda tangan Sekjen tanggal 18 Desember 2018," kata Iwan Bule saat ditemui selepas raker dengan Komisi X.

"Yang bersangkutan berkelakuan baik dan sudah ada di Liga kita selama 10 tahun sekarang yang bersangkutan ada di Persib. Kami tidak keberatan selama Persib bertanggung jawab sesuai dengan undang-undang yang mengatur."

"Walaupun sudah tua buktinya masih dipakai di beberapa Liga, mungkin ada transfer teknik atau taktik. Kan nanti bisa setelah pensiun dijadikan pelatih atau konsultan kita hargai yang bersangkutan. untuk sementara ini belum ada rencana pssi untuk melakukan naturalisasi," dia menambahkan.

Sebelum Fabiano, Otavio Dutra juga sudah sah menjadi WNI. Pemain Persebaya Surabaya itu sudah membela Timnas Indonesia saat tumbang dari Vietnam di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. (Detiksport/q)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments