Minggu, 17 Nov 2019

Porprovsu 2019 Berakhir

Medan Juara Umum Kumpuli 67 Emas

admin Minggu, 30 Juni 2019 12:34 WIB
SIB/Dok
KONTINGEN MEDAN : Kontingen Kota Medan diabadikan usai penutupan Porprovsu 2019 di Arena Astaka Pemprov Sumut, Sabtu (29/6).
Medan (SIB) -Kontingen Kota Medan keluar sebagai juara umum dengan raihan 67 emas, 50 perak, dan 50 perunggu. Hasil tersebut sekaligus mengulangi prestasi serupa para even yang sama 2014 silam.

Dominasi Kota Medan tahun ini terletak pada 7 cabor dari 14 cabor yang ada. Adapun 7 cabor tersebut, yaitu drumben dengan torehan 5 medali emas, 1 perak, 1 perunggu. Kemudian cabor biliar Medan kembali berjaya dengan 10 emas, 9 perak, 10 perunggu. Begitu juga di cabor angkat besi, berat, dan binaraga, Medan mendominasi dengan 11 emas, 3 perak, 1 perunggu.

Selanjutnya di arena ring tinju, Medan kembali tampil sebagai juara umum dengan 4 emas, 3 perak, 2 perunggu. Bulutangkis Medan kembali perkasa dengan 5 emas, 5 perak, 2 perunggu. Begitu juga di cabor tarung, tim karate Medan juara umum usai menorehkan 10 emas, 11 perak, 6 perunggu. Serta cabor taekwondo Medan menyabet 7 keping medali emas, 4 perak, dan 2 perunggu.

Adapun Porprovsu 2019 ditutup resmi oleh Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah (Ijeck) di Arena Astaka Pemprov Sumut, Sabtu (29/6) pagi. Dalam sambutannya, Ijeck berharap para atlet bisa meningkatkan prestasi lebih baik lagi terutama untuk persiapan Pra-PON.

"Semoga Porprov Sumut juga mencetak regenerasi atlet dan ada penambahan atlet dan medali bagi seluruh kabupaten/kota di Sumut," harap Ijeck.

Ijeck menyadari bahwa saat ini masih banyak venue cabor di Sumut belum sesuai dengan standar internasional yang sangat diperlukan atlet. Kehadiran venue bertaraf internasional sangat dibutuhkan Sumut sebagai persiapan atlet dan Sumut menuju PON 2024 bersama Provinsi Aceh.

Sementara Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, menilai Porprovsu lebih baik dari sebelumnya, khususnya dari aspek persaingan untuk di sejumlah cabang olahraga. "Porprovsu kali ini pemerataan medali terjadi. Dari ranking dua sampai sepuluh itu ada pemerataan. Pemerataan medali ke seputar wilayah dekat Medan sangat besar perkembangannya. Kita lihat Deli Serdang posisi dua, Karo ketiga, Binjai empat dan Tebingtinggi posisi kelima. Saya yakin ini suatu prestasi, karena wilayah seputaran Kota Medan sudah bangkit kekuatannya," jelasnya.

Adapun posisi dua klasemen akhir Porprovsu diisi Kabupaten Deliserdang dengan mengumpulkan 26 emas, 22 perak, 40 perunggu. Posisi tiga ditempati Kabupaten Karo dengan 25 emas, 25 perak, 28 perunggu. Posisi keempat Binjai dengan 20 emas, 16 perak, 28 perunggu, serta Tebingtinggi melengkapi posisi lima besar dengan torehan 19 emas, 11 perak, dan 13 perunggu. (R20/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments