Minggu, 16 Agu 2020
  • Home
  • Olahraga
  • Liga 1 Rehat, Stadion Markas PSM Makassar Ditanami Sayur

Liga 1 Rehat, Stadion Markas PSM Makassar Ditanami Sayur

redaksisib Sabtu, 23 Mei 2020 12:04 WIB
detikcom/Ibnu Munsir

DITANAMI: Kondisi Stadion Andi Mattalatta markas PSM Makassar yang ditanami sayur. 

Makassar (SIB)
Kandang PSM Makassar, Stadion Andi Mattalatta, ditanami sayur. Stadion kebanggaan publik Sulawesi Selatan itu sudah lebih dua bulan menganggur. Liga 1 sudah rehat sejak pertengahan Maret. PSSI bahkan menetapkan status force majeure karena pandemi virus Corona.

Beberapa hari lalu, beredar di media sosial bahwa Stadion yang juga dikenal dengan nama Mattoanging itu ditanami sayuran. Adalah penjaga stadion, Sanusi Uci, aktor di balik hal itu. Dia ingin berbagi.

"Jadi ini bukan kebun, ini sayur. Kangkung, bayam, ini tanaman jangka pendek. Jadi saya beli seharga Rp 20.000 dan hasil ini saya bagikan penghuni dalam kompleks stadion, karena saya mau bagikan uang tidak cukup, bagi saya sendiri uang tidak cukup, jadi ada manfaatnya," kata Uci.

Sanusi (74), yang biasa dipangil BC, menjelaskan jika kegiatan menanam dilakukan untuk menghidupi dirinya bersama warga lain yang tinggal di sekitar stadion akibat berhentinya Liga 1 2020. Kondisi tribune stadion yang telah dipenuhi rumput kemudian dimanfaatkan untuk menanam sayur dalam jumlah 5 petak.

"Di samping saya tak bersihkan, boleh tinjau dari tribune utara, timur rumputnya 1 meter, sekarang rumput di wilayah saya ini selama tanam sayur kangkung paling panjang 5 centimeter," kata Sanusi menjelaskan.

Lebih lanjut, Sanusi mengatakan jika apa yang dilakukannya bukan merusak bagian stadion. Pihaknya juga telah mendapat izin dari pihak stadion dengan ketentuan dalam jangka waktu pendek dan tak merusak.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulawesi Selatan Arwin Aziz mengatakan pengelolaan Stadion Andi Mattalatta atau Mattoanging sudah dilakukan serah terima dari Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) kepada Dispora Sulsel pada 13 September 2019.

Kemudian Dispora Sulsel melakukan langkah administrasi persuratan secara resmi kepada YOSS pada 8 Mei 2020. Tujuannya meminta YOSS secara sukarela menyerahkan kunci kawasan Stadion Mattoanging untuk selanjutnya Dispora yang bertanggung jawab atas pengelolaan.

"Tujuan penyerahan kunci itu juga salah satunya untuk mencegah adanya penanaman sayur seperti yang terjadi sekarang ini. Apalagi ini sedang mau direhabilitasi," ucap Arwin, Jumat (22/5).

"PSM sudah kontrak satu musim dengan Stadion Mattoanging. Menurut informasi yang kami terima, dalam kontrak itu juga disebutkan bahwa pemeliharaan lapangan dilakukan pihak PSM. Di kami tidak ada alokasi pemeliharaan untuk itu," ucap Arwin.

Arwin mengatakan sejak kali prtama dibangun, Stadion Mattoanging tidak pernah direhabilitasi. Kondisinya pun tidak banyak mengalami perubahan.

Sebelumnya viral di media sosial kondisi terkini stadion yang menjadi markas PSM Makassar di kompetisi Liga 1 ditanami sejumlah sayuran seperti kangkung dan sawi. Manajemen Juku Eja mengaku tidak mengetahui persoalan tersebut lantaran PSM hanya sebagai pihak penyewa dan bukan pengelola stadion.

PSM kali terakhir menggunakan Stadion Mattoanging ketika menjamu Barito Putera di Liga 1 2020, 15 Maret lalu. Setelah itu Liga 1 2020 dihentikan karena wabah virus corona. (CNN/Detiksport/p)
T#gs Ditanami SayurLiga 1PSM MakassarRehatStadionolahraga
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments