Jumat, 18 Okt 2019
  • Home
  • Olahraga
  • Karateka KKI Sumut Sabuk Hitam Jalani Pembekalan Teknik Pra DAN

Karateka KKI Sumut Sabuk Hitam Jalani Pembekalan Teknik Pra DAN

*Termasuk Persiapan Menghadapi Ujian Sabuk Hitam se-Sumatera
Senin, 13 Januari 2014 16:40 WIB
SIB/Dok
Para pengurus dan senioren KKI Sumut : Para pengurus dan Senioren KKI Sumut foto bersama. Dari kiri, Darwis Tanjung, Landen Marbun, H Syah Afandin, Drs Edward Sitorus, DR Jonius Hutabarat SSi MSi, Marcos Simare-mare SH MHum, Drs Biduan Siahaan, Rame Siman
Medan (SIB)- Dua ratusan karateka penyandang sabuk hitam dan sabuk coklat (Kyu1) KKI Sumut gelar pembekalan Teknik Pra-DAN di dojo Sekretariat KKI Sumut Jln Merbabu Medan Minggu (12/1).

Para karateka itu masing-masing antara lain dari P Siantar, Tobasa, T Tinggi, Kabupaten Batubara, T Karo, Pakpak Bharat, Medan dan dari anggota Batalyon 125 Simbisa Kabanjahe.

Ketua Panitia Kompol DR Jonius Taripar Hutabarat SSi MSi dalam laporannya pada pembukaan latihan pembekalan gabungan sabuk hitam ini mengatakan, latihan pembekalan ini untuk meningkatkan teknik para karateka sabuk hitam dan sabuk coklat yang akan mengikuti ujian DAN I ke DAN II, kemudian dari sabuk coklat (Kyu-1) ke-DAN I yang akan dilangsungkan 31 Januari hingga 2 Februari 2014 di halaman Batalyon Infantri 125 Simbisa Kabanjahe.

Latihan pembekalan teknik sabuk hitam ini juga kata Kompol Hutabarat yang bertugas di Poldasu itu sebagai pemantapan bagi sang karateka dalam pengembangan pembinaan karate KKI di Sumut. Mereka  diproyeksikan akan menjadi pelatih di daerahnya masing-masing. Dan mereka diwajibkan membentuk satu dojo di daerah masing-masing tukas Hutabarat.

Ia juga menyatakan kesiapannya menjadi ketua panitia pelaksanaan Ujian DAN (sabuk hitam) se-Sumatera yang akan digelar akhir Januari ini di Batalyon 125 Simbisa Kabanjahe dengan dukungan panitia lainnya termasuk Pengprovsu KKI Sumut dan unsur lainnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov KKI Sumut H Syah Afandin SH dalam sambutannya mengharapkan semua peserta yang menjalani latihan tehnik ini benar-benar mengikutinya agar menjadi bekalnya dalam mengikuti ujian DAN se-Sumut yang akan dilangsungkan akhir bulan ini.

Ia menyebut, sejak periode kepengurusan KKI Sumut 2009-2014 ini adalah ujian DAN ke-II se-Sumatera digelar setelah sukses  dilaksanakan pada 4 s/d 7 Maret 2014 di Batalyon Zipur Kodam I BB, yang pada waktu itu Ketua panitianya Landen Marbun SH yang juga adalah Ketua Harian III KKI Sumut dan anggota DPRD Medan.

Kali ini ujian DAN ini dipercayakan sebagai ketua Panitia Kompol DR Jonius Taripar Hutabarat SSi MSi. Untuk itu Syah Afandin yang juga Ketua DPD PAN Sumut ini mengajak berbagai pihak untuk ikut mensukseskan kegiatan itu.

Dalam kepanitiaan Kompol J Taripar Hutabarat sebagai ketua, didampingi Ketua I Mayor Inf Charles Binsar Sagala SH yang juga adalah Danyon 125 Simbisa Kabanjahe dan Ketua II Marcos Simamora SH beserta panitia lainnya.

Menyinggung kesiapan ujian ini, Ketua Dewan Guru KKI Sumut Rame Simanjuntak mengatakan, hingga saat ini daerah propinsi lainnya yang sudah mendaftar ke panitia antara lain dari Aceh 70 orang, Sumut 281 orang, Batam 20 orang dan Riau 10 orang. Daerah lainnya menyusul.

Hadir dalam acara ini, Ketua Harian II Pemprov KKI Sumut Drs Edward Sitorus, Ketua Harian II Landen Marbun SH, Ketua Dewan Guru Rame Simanjuntak, Ketua Majelis Sabuk Hitam Darwis Tanjung, Sekum KKI Sumut Jaya Kirana Lubis  wakil Ketua Dewan Guru Drs Biduan Siahaan dan senioren Karateka KKI Sumut lainnya.

Sementara materi  tehnik pembekalan  yang diberikan kepada peserta lain adalah dasar karate di tempat dan bergerak (Kihou), Ippon Kumite, KATA, bela diri, Kumite, bela diri, fisik dan pengetahuan umum. Karateka Tobasa mengikuti latihan teknik dilepas oleh Ketua KKI Tobasa Harly Siregar SH MHum yang juga Kajari Tobasa.

Sebelum menjalani latihan secara simbolik mewakili kawan-kawannya 5 orang digunduli rambutnya, oleh para pengurus KKI Sumut. Ini sebagai tradisi sebelum mengikuti ujian DAN, para peserta dibotaki kepalanya, ujar Sekum KKI Sumut Jaya Kirana Lubis. (R8/f)





T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments