Minggu, 18 Agu 2019

Ginting Lolos ke Babak Kedua Japan Open 2019

admin Rabu, 24 Juli 2019 12:34 WIB
Anthony Sinisuka Ginting
Jakarta (SIB) -Anthony Sinisuka Ginting kalahkan Lu Guangzu pada babak pertama turnamen badminton Japan Open 2019 dengan skor 22-20 dan 21-16 dalam laga yang berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Selasa (23/7).

Ginting mengawali laga dengan cukup baik dan selalu memimpin dalam perolehan poin. Namun selepas unggul 8-6, perolehan angka pemain pelatnas Cipayung itu tidak mampu bertambah.

Sebaliknya Guangzu berhasil menambah lima poin beruntun dan berbalik unggul hingga interval gim pertama.

Setelah tertinggal 8-11, Ginting kembali bangkit dan unggul 12-11. Guangzu sempat menyamakan kedudukan sebelum Ginting kembali memperlebar jarak menjadi 15-12. Keunggulan tiga poin tak lantas mempermudah jalan pebulutangkis nomor delapan dunia itu.

Sempat disamakan dan disalip, Ginting kemudian mengamankan gim pertama dengan kemenangan 22-20.

Pada gim kedua Guangzu menjadi pemimpin perolehan poin. Ginting hanya sempat menyamakan kedudukan pada skor 3-3 dan 4-4. Pebulutangkis unggulan ketujuh itu sempat mendekati perolehan poin lawan sebelum tertinggal 9-11 pada interval gim kedua.

Setelah tertinggal 10-14, Ginting melakukan pengejaran poin dan menyamakan poin pada kedudukan 15-15. Ginting melanjutkan perolehan poin dan memenangi laga berkat kemenangan 21-16 pada gim kedua.

Dua Ganda Campuran ke Babak Kedua

Sementara dua pasangan ganda campuran Indonesia yang masuk dalam daftar unggulan, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, berhasil melaju ke babak kedua.

Hafiz/Gloria menang 21-19 dan 21-18 atas pasangan Malaysia Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai dalam laga yang berdurasi 33 menit. Sementara Praveen/Melati menumbangkan ganda Jepang Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo 21-15, 19-21, dan 21-10 dalam waktu 49 menit.

Sementara Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow yang melaju hingga babak perempat final Indonesia Open lalu, kalah 15-21 dan 13-21 dari Thom Gicquel/Delphie Delrue asal Prancis.

Kekalahan juga diderita ganda putri Yulfira Barkah/Jauza Fadhila Sugiarto. Pasangan non unggulan itu kalah 11-21 dan 18-21 dari unggulan pertama asal Jepang Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara.

Herry IP Tunggu Juara Baru dari Ganda Putra

Pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi berharap Indonesia bisa mempertahankan gelar di Japan Open 2019. Bukan dari Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Herry ingin ada jawara baru.

Usai sukses meraih gelar juara di Indonesia Open 2019 di sektor ganda putra lewat partai all Indonesian finals, para pebulutangkis Indonesia mengalihkan fokus ke Japan Open 2019. Turnamen ini digelar di Tokyo pada 23-28 Juli

Pada turnamen BWF World Tour Super 750 itu, Indonesia menurunkan lima wakil di nomor ganda putra. Selain Kevin/Marcus, empat pasangan lainnya adalah Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Berry Angriawan/Hardianto, dan Wahyu Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso.

Indonesia merupakan juara bertahan di sektor ganda putra Japan Open. Dalam dua tahun terakhir, Kevin/Marcus sukses membawa pulang gelar.

Herry berharap Fajar dkk bisa tampil lebih konsisten dan membuktikan diri di Japan Open. Ia ingin ada juara baru dari ganda putra Indonesia.

"Harusnya tiga pasang lain bisa mendukung juga. Artinya, beri prestasi di Jepang. Kalau bisa gantian kan saya bisa tidur nyenyak," kata Herry.

"Maka itu kalau di Jepang (ada gantian) juara itu luar biasa. Sebab, waktu di Indonesia Open kemarin kan harapan saya Fajar/Rian bisa lolos semifinal, tapi mereka kalah dari Jepang," ujar dia. (detikSport/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments