Sabtu, 23 Nov 2019
  • Home
  • Olahraga
  • Gashuku dan Ujian DAN KKI Se-Sumatera Siap Digelar di Kabanjahe

Ketua Panpel DR Jonius Taripar Hutabarat SSi MSi

Gashuku dan Ujian DAN KKI Se-Sumatera Siap Digelar di Kabanjahe

Kamis, 23 Januari 2014 13:16 WIB
Medan (SIB)- Pengprov KKI Sumut akan menggelar Gashuku dan ujian Sabuk Hitam (DAN) se-Sumatera pada 31 Januari hingga 2 Februari 2014 di Mako Yonif 125 Simbisa Kabanjahe T.Karo.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Kompol DR Jonius Taripar Hutabarat SSi MSi kepada wartawan kemarin di Sekretariat KKI Sumut di Jalan Merbabu Medan, secara teknis pelaksanaan gashuku dan ujian sabuk hitam itu sudah siap dilaksanakan.

Sekira 250-an karateka sudah menyatakan kesiapannya mengikuti kegiatan tersebut yang datang dari beberapa propinsi di Sumatera yakni dari Aceh 50 karateka, Jambi 5, Riau 10, Kepri 10 dan Sumut sendiri. Peserta dari Sumut sendiri terdiri dari utusan kabupaten yakni Tebing Tinggi 25 karateka, Siantar 15, Tobasa 30, Karo 6 dan dari Batalyon 125 Simbisa 70 karateka. Propinsi lain akan menyusul mendaftarkan keikutsertaan karatekanya.

Jonius Taripar Hutabarat mengatakan, panitia menyiapkan transportasi bagi mereka yang datang lewat Bandara Kuala Namu atau juga yang datang lewat kota Medan menuju Kabanjahe.

Disebutkan, gashuku dan ujian DAN se-Sumatera ini sudah yang ketiga kalinya digelar. Pertama digelar pada tahun 2008 kemudian 2011 dan kali ini di 2014 yang ketiga kalinya.

Menyinggung tentang dipercayakannya daerah menggelar ujian DAN ini Ketua Harian KKI Sumut Drs Edward Sitorus mengatakan, sebelumnya pada tahun 70-an selalu di Jakarta pelaksanaan ujian DAN ini, tapi karena pesertanya cukup banyak, sehingga daerah dipercayakan menggelarnya seperti Jabar tahun 1991 menggelarnya. Kemudian DKI pada tahun 2006 dan Sumut tiga kali. Dipercayakannya daerah melaksanakan ini juga sesuai AD/ART KKI dari hasil rapat para dewan guru KKI Indonesia (Rakernas). Namun kata Sitorus yang melakukan ujian DAN ini adalah dari pusat.

Untuk itulah sebut Ketua Dewan Gashuku KKI Sumut Rame Simanjuntak, sebagai Tim Penguji ujian DAN di Kabanjahe ini adalah dari pusat dengan kordinatornya Imam Bachori (DAN VI) Ketua Dewan Guru KKI Pusat dibantu Ardy Ganggas (DAN V). Kemudian Rame Simanjuntak (DAN V), Drs Edward Sitorus (DAN V), Darwis Tanjung (DAN V) dan Jaya Kirana Lubis (DAN V). Bahkan dijadwalkan dari Jepang karateka senior Sawonari (DAN VI) pemegang juara 5 kali juara Jepang yang juga putra Matzusake (suhu Kusinryu) akan hadir dalam ujian DAN itu. Pada tahun 2011, Sawonari juga hadir dalam ujian DAN se-Sumatera yang digelar di Mako Batalyon Zipur.

Ditanya tujuan ujian kenaikan DAN ini, menurut Edward Sitorus adalah untuk pengembangan organisasi KKI sampai ke desa-desa, sekolah-sekolah yang selama ini permintaan akan pelatih belum dapat terpenuhi. Untuk ini dari hasil ujian kenaikan DAN ini khususnya buat karateka Sumut diinstruksikan agar membentuk dajo di setiap masing-masing karateka itu atau diistilahkan One Black Belt, Tri Dojo. Setiap karateka penyandang DAN harus punya dojo latihan, tukas Edward Sitorus.

Ditanya apabila jika ada gangguan erupsi Sinabung, Jonius Hutabarat menyebutkan alternatifnya akan dipindahkan ke Sibolangit kegiatannya. Dan jika di Sibolangit juga terganggu maka akan dipindahkan ke Medan. Jika erupsinya juga mengganggu sampai ke Medan, maka kegiatan ini akan ditunda dan akan diberitahukan kepada peserta dari propinsi lain.

Sementara itu, Sekum KKI Sumut Jaya Kirana Lubis mengharapkan agar pemerintah daerah dapat membantu keberangkatan para atlet atau karateka ini mengikuti Gashuku ujian DAN.

Untuk penyelenggaraan ujian DAN ini telah dibentuk panitia yakni sebagai penasehat DAN Yonif 125 Simbisa Mayor Inf Charles Binsar Sagala SH, Ketua Umum Kompol DR Jonius Taripar Hutabarat SSi MSi, Ketua I dan II Mayor Inf Raya Gunung Nasution, Marcos Simare-mare SH MHum. Sekretaris Lintong Siahaan, Marzuki SE, Kapt Inf Tampubolon, Paulus Dachi. Bendahara Hj Nuraida Br Pardede, Irda. Staf Khusus Drs Edward Sitorus, Jaya Kirana Lubis. Bidang Dana: Landen Marbun SH, Parsaoran Siahaan SH. Bidang Transportasi: Sertu Dadang, Sugito, M Rizki. Bidang Humas: Toga Sitohang, Lindung Ginting. Bidang Perlengkapan: Kapt Inf Ginting, Bandi (T.Karo), Topan Ginting. Bidang Ujian: Rame Simanjuntak, Darwis Tanjung, Muchtar (T.Karo), Drs Biduan Siahaan, Tohom Simarmata, Bandi. Bidang Acara: Jaya Kirana Lubis, Kapt Inf E Nainggolan, Iwan (T. Karo). Bidang Registrasi: M Indra Yusuf SH, Roni Sitepu, Sertu Khoirul, Servistical. Bidang Kesehatan: Letda CKM Hotman Nasution. Bidang Keamanan Lettu Inf Putra. Bidang Konsumsi: Kapt Inf Ginting, Robert Perangin-angin, Tohom Simarmata dan Bidang Bintal: Yonif 125 Simbisa. (R8/q)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments