Selasa, 10 Des 2019
  • Home
  • Olahraga
  • Dengan Prestasi Olahraga Mengubah Martabat Diri dan Keluarga

Odekta Naibaho Bangga Menjadi Putri Dairi

Dengan Prestasi Olahraga Mengubah Martabat Diri dan Keluarga

Admin Jumat, 28 Desember 2018 16:32 WIB
Sidikalang (SIB) -Odekta Elvina Naibaho harus merangkak menelusuri berbagai jenis jalan, hingga mencapai puncak cita-citanya sebagai pelari. Bangga menjadi putri Dairi, perempuan kelahiran 5 November 1991 di Desa Soban, Kecamatan Siempat Nempu ini, ingin mengabadi dan memperkenalkan olahraga lari kepada seluruh kaum muda Dairi.

Menginjakkan kaki di Daerah Khusus Ibukota Jakarta sejak lulus SMA dari Bunturaja, Dairi tahun 2011 silam, Odekta mengikuti bervagai lomba, hingga pada tahun 2016 meraih medali perunggu event full marathon 42 KM pada PON XIX Jawa Barat. Seterusnya meraih medali emas lari 5000 m pada Kejurnas Atletik 2017 dan 2018.

Odekta Elvina Naibaho memang hanya mampu finish di urutan ke-12 pada final lari 5000 meter putri di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (28/8) Asian Games lalu. Meski begitu, catatan waktu yang dibukukannya ternyata telah melewati target. Pelari asal Soban, Siempat Nempu Dairi yang berusia 26 tahun itu mengakhiri lomba dengan catatan waktu 17 menit 20,90 detik atau berselisih dua menit lebih dari sang juara asal Bahrain, Kalkidan Befkadu.

Namun, jumlah tersebut ternyata lebih cepat sepuluh detik dari catatan waktu terbaiknya. Target pelatih 17 menit 30 detik tapi ini lebih bagus dari itu. Jadi walaupun tadi jatuh tetap terbayar semua.

Hadir di Dairi
Odekta berencana hadir di tengah-tengah pelajar dan kaum muda dengan olahraga lari secara bersama-sama pada awal 2019 mendatang. Diakuinya, tidak mampu untuk melaksanakan hal itu, sehingga membutuhkan bantuan pemerintah.

"Ingin memperkenalkan lari kepada anak-anak sekolah dan anak muda Dairi dengan bantuan dukungan pemerintah. Dengan perkenalan ini, nantinya kita harapkan dapat mengembangkan bakat putra putri daerah, engan pembinaan dan pembenahan sejak dini," ujarnya menjawab SIB Kamis (26/12) melalui selulernya.

Disampaikan Odekta, libur Natal dan Tahun Baru ini akan dia manfaatkan bersosialisasi olahraga lari terhadap seluruh warga Dairi. Selain menyehatkan tubuh, olahraga lari juga salah satu yang menjanjikan untuk masa depan.

"Selama ini, saya melihat Dairi kurang perhatian olahraga. Memprihatikan sekali. Saya putri kelahiran Dairi sudah pengalaman tidak dibina dan musti harus minggat ke ibu kota untuk mengembangkan bakat saya sendiri," urainya dan mengaku akan tiba di Dairi Jumat (27/12).

Diakuinya, Kabupaten Dairi sudah saatnya berbenah diri dalam pembangunan olahraga terhadap pelajar dan kaum muda. Tidak ada kata ketinggalan dengan daerah lain, kalau dibenahi sejak saat ini untuk hasil beberapa tahun kemudian.

Kepala Bidang Keolahragaan, Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Dairi, Drs Mangaranap Manik kepada wartawan SIB Kamis (27/12) mengaku akan memprakarsai permintaan Odekta. Diakui Manik, situasi libur sekolah merupakan salah satu kendala untuk mengumpulkan pelajar dari berbagai sekolah. Demikian juga dengan waktu dan jadwal Odekta di Dairi yang minim, harus dapat memilih dan menentukan waktu yang tepat.

Disebutkan Manik, surat Dispora Dairi telah dikirimkan ke seluruh pelaku dan penggiat olahraga di Dairi menyatakan bersedia hadir dan ikut pada Jumat (4/1) dapat melaksanakan lari gembira (fun run) bersama dengan rute yang sudah ditentukan.

"Pemkab Dairi sangat senang dan dengan tangan terbuka menerima kehadiran atlet nasional di Dairi yang merupakan anak Dairi. Kami dari Pemkab Dairi melalui Dispora akan berupaya semaksimal mungkin. Kami telah melakukan koordinasi dengan sekolah-sekolah serta organisasi kepemudaan," ujar Manik. (B04/l)
Editor: Admin

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments