Kamis, 06 Agu 2020
  • Home
  • Olahraga
  • Bersepeda Jadi Olahraga Pilihan di Masa Pandemi

Bersepeda Jadi Olahraga Pilihan di Masa Pandemi

redaksisib Rabu, 08 Juli 2020 18:37 WIB

St Edison Manurung

Porsea (SIB)
Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) St Edison Manurung SH MM MH berharap olahraga bersepeda menjadi pilihan dalam mengerakkan industri pariwisata Indonesia. “Di kawasan Danau Toba, pernah didengungkan ‘Cycling in Toba, Cycling in Paradise’ dan KMDT segera melakukan hal tersebut dalam maksud mendukung new normal yang dicanangkan Presiden Joko Widodo pasca pandemi Covid-19 melanda,” ujarnya di Pantai Pasifik - Desa Patane 4 - Porsea, Toba saat jeda senam aerobic zumba bersama warga setempat, Minggu (5/7).

Menurutnya, tahun 2016 pesepeda dunia mengelilingi danau Toba dengan rute mulai dari 100 sampai 1.000 kilometer. “Tahap awal, KMDT menyemangati warga dengan bersepeda. Selain senam gratis terbuka yang dilakukan KMDT, untuk meningkatkan imun tubuh, juga menyemangati dengan bersepeda,” tambah pria yang pernah mengikuti Sidang Majelis Umum PBB di New York dari unsur pemuda tersebut.

Sebelumnya, Edison Manurung bersurat terbuka kepada Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi agar mengkoordinir kepala daerah di sekitar Danau Toba membuat industri pariwisata dengan mengindahkan protokol kesehatan. “Bersepeda otomatis mengindahkan karena ada physical distancing. Soal masker, idealnya menggunakan jenis yang memastikan ke luar masuk udara dan pernapasan,” tambahnya.

Ia mengusulkan, menjelang era new normal ada tahapan. Misalnya, untuk membuka industri wisata ada fase dimulai dari mengundang wisatawan parsial, wisatawan lokal Sumatera Utara dan pengunjung Nusantara. “Tapi harus dengan prinsip clean, healthy dan safety,” tegasnya.

Didampingi Sekjen KMDT Dr Ir Irian Sitorus, Dewan Pakar SDM Prof Dr Robert Sibarani MS, mantan Ketua DPP KNPI tersebut mengharapkan dengan tahapan pembukaan industri pariwisata maka pada Agustus 2020 Danau Toba kembali normal. “Agustus adalah bulan penuh makna bagi Indonesia,” ujarnya. (t/R10/f)

T#gs BersepedaKetua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP)Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT)Masa PandemiSt Edison Manurungolahraga
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments