Senin, 22 Apr 2019
  • Home
  • Olahraga
  • BOPI Ingatkan PSSI Segera Ajukan Surat Rekomendasi Piala Presiden

BOPI Ingatkan PSSI Segera Ajukan Surat Rekomendasi Piala Presiden

admin Kamis, 14 Februari 2019 14:27 WIB
Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI)
Jakarta (SIB) -Turnamen pra musim Piala Presiden 2019 kembali bergulir. BOPI (Badan Olahraga Profesional Indonesia) mendorong agar PSSI segera mengajukan surat rekomendasi.

PSSI berencana memutar Piala Presiden 2019 pada awal Maret, satubulan sebelum kompetisi dimulai. Turnamen tersebut akan diikuti oleh 20 klub peserta.

Sebelum menggulirkan Piala Presiden atau kompetisi, PSSI diwajibkan melaporkan sekaligus membuat rekomendasi kepada BOPI. Hal itu dilakukan agar turnamen berjalan rapi.

Ketua BOPI, Richard Sam Bera, mengatakan belum mendapatkan surat permohonan rekomendasi dari PSSI untuk menggelar Piala Presiden 2019. BOPI mengimbau agar PSSI mulai berkoordinasi sejak jauh-jauh hari.

"Sejauh ini kami memang belum menerima surat rekomendasi baik dari PSSI atau operator kompetisi yakni PT Liga Indonesia Baru (PT LIB). Namun penting kiranya mereka untuk segera memberikan laporan guna menghindari kesalahan administrasi nantinya," ujar Richard kepada pewarta di Kemenpora, Rabu (13/2).

Richard menjelaskan alasannya mendesak PSSI mengajukan rekomendasi sejak dini adalah untuk menghindari adanya masalah administrasi terutama soal pemain asing. BOPI juga memerlukan waktu untuk mengeluarkan rekomendasi tersebut.

"Kekhawatiran kami adalah jangan sampai pemain asing yang datang berkompetisi di Indonesia menggunakan visa turis bukan visa kerja yang berujung tidak membayar pajak. Itu yang kami hindari," dia menjelaskan.

"Makanya, kalau bisa, jangan sampai nanti mepet-mepet seperti yang sudah-sudah. Fungsi BOPI kan juga menjaga aturan undang-undang nasional keolahragaan yang menyangkut keimigrasian, perpajakan dan ketenagakerjaan. Ini yang juga kami koordinasikan dengan pihak-pihak terkait yang sudah saya sebutkan tadi," mantan perenang nasional itu menegaskan.

Richard bilang peringatan itu diberikan sedini mungkin agar klub dan PSSI memiliki waktu untuk melengkapi persyaratan agar mendapatkan rekomendasi. Berkaca yang sudah-sudah, ada saja hal yang tak dilengkapi menjelang kickoff turnamen atau kompetisi.
"Termasuk kewajiban-kewajiban yang perlu dilakukan klub atau operator biar tidak kaget BOPI meminta syarat rekomendasi. Kami memberikan sudah jauh hari, agar jadwal bisa keluar," ujar Richard.

"Kami berharap PSSI menyiapkan diri untuk musim depan termasuk Piala Presiden dan kami berharap kewajiban klub operator sebelum pra musim dimulai. Supaya kegiatan pra musim liganya berjalan efektif dan tertata dengan baik agar liga dan pramusim layak dinikmati oleh masyarakat Indonesia," Richard berharap.

"PT LIB diharapkan dalam waktu dekat beraudiensi dengan kami. Kami juga koordinasi dengan Kaba Intelkam, dan imigrasi juga. Oleh karena itu, kordinasi jangan mepet supaya tidak merugikan banyak orang. Saya tidak mau berspekulasi kalau bandel, supaya berkoordinasi jauh hari agar yang diinginkan agar liga berjalan dengan baik," katanya. (detiksport/h)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments