Jumat, 20 September 2024

Atlet Jalan Irian Kabanjahe, Punya Tradisi Peraih Emas PON

Theopilus Sinulaki - Kamis, 19 September 2024 20:00 WIB
135 view
Atlet Jalan Irian Kabanjahe, Punya Tradisi Peraih Emas PON
Foto dok/medsos
EMAS: Atlet Wushu Sanda Sumut Fereddy Sinaga dari Jalan Irian Kabanjahe Kabupaten Karo peraih medali emas di PON XXI Aceh-Sumut.
Kabanjahe (harianSIB.com)
Atlet Wushu Sanda Kabupaten Karo Fereddy Sinaga dari Jalan Irian Kabanjahe, Sumatera Utara berhasil meraih medali emas di PON XXI Aceh-Sumut.

Terhitung sejak 2012 lalu, atlet sanda dari Jalan Irian berhasil meraih medali emas di ajang PON XVIII yang digelar di Riau. Pemuda Jalan Irian pertama yang sukses meraih medali emas di ajang PON tercatat atas nama Hendrik Tarigan.

Atlet sanda berprestasi lainnya yang berasal dari Jalan Irian adalah Dasman Tua Simbolon. Bersama Hendrik Tarigan, Dasman Tua Simbolon menyumbangkan medali emas untuk Sumut di ajang PON XIX Jawa Barat 2016 untuk Cabor Wushu Sanda.

Baca Juga:

Atlet Sanda berbakat dan potensial dari Jalan Irian terus bermunculan dari waktu ke waktu. Pada 2021 lalu, pesanda Jalan Irian Roberto Manik tampil di partai final PON Papua meski akhirnya hanya memperoleh medali perak. Satu hal tak terbantahkan, Jalan Irian adalah daerah yang banyak melahirkan atlet sanda andal untuk membawa kontingen Sumut. Kunci keberhasilannya adalah proses regenerasi yang terus berjalan secara berkelanjutan.

Pada PON XXI Aceh-Sumut 2024, tradisi atlet sanda Jalan Irian yang mengukir namanya sebagai peraih medali emas atas nama Fereddy Sinaga pada kelas 52 kg putra, ada juga pria Jalan Irian, Roberto Manik memperoleh 1 perak di kelas 75 kg putra serta Ydris Talenta Barus di kelas 48 kg putra dengan perolehan 1 perunggu.

Baca Juga:

Pelatih sasana Wushu Sanda Karo Simalem Fighter (KSF) yang ada di Jalan Irian, Laurensius Simarmata mengaku bangga atas pencapaian atlet dari Jalan Irian, serta Kabupaten Karo yang membawa harum nama kontingen Sumut.

"Sangat bangga dan puas dengan prestasi anak-anak Jalan Irian yang telah berhasil meraih medali di ajang bergengsi PON Sumut-Aceh, terlebih ada beberapa atlit dari sasana Wushu Karo Simalem Fighter yang berhasil meraih medali," ujarnya, Kamis (19/9/2024) di Kabanjahe.

Ia menyampaikan terimakasih kepada para pengurus, pelatih serta orang tua yang telah memberi kepercayaan kepada sasananya sebagai tempat atlet Jalan Irian berlatih.

"Kita apresiasi para atlet termasuk kepada orangtua Jalan Irian sekitarnya memercayakan anaknya berlatih di KSF," ujarnya.(*)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
komentar
beritaTerbaru