Jumat, 23 Agu 2019

Asian Games

PB Akan Terima Dana Langsung dari Kemenpora

Jumat, 21 Februari 2014 14:30 WIB
Jakarta (SIB)- Untuk menghindari terulangnya keterlambatan pencairan dana, Kementrian Pemuda dan Olahraga akan menggunakan sistem swakelola dana Asian Games. Pengurus Besar Olahraga nantinya akan menerima dana langsung.

Demikian hal itu disampaikan Deputi IV Bidang Peningkatan dan Prestasi Kemenpora, Djoko Pekik Irianto, Rabu (19/2/2014). Ia mengatakan, anggaran dana dari Kemenpora nantinya akan langsung disalurkan ke Pengurus Besar (PB) cabang induk olahraga.

"Jadi tidak lagi menggunakan sistem dana hibah seperti yang dilakukan ketika SEA Games kemarin," kata Djoko.

Pada SEA Games lalu, Kemenpora memberikan mandat pada KONI Pusat sebagai penanggung jawab dana sebesar Rp 135 miliar sebagai dana kegiatan pelatnas. Tujuannya, agar mempermudah penyaluran anggaran yang bersumber dari APBN.

Namun hal itu justru memunculkan masalah lain karena beberapa cabang olahraga justru mengalami kesulitan karena masalah keuangan. Banyak atlet yang menggunakan dana pribadi untuk berbagai keperluan.

Dengan sistem swakelola ini, Pemerintah berharap keterlambatan seperti yang sempat terjadi tak terulang lagi. Selain itu pelatnas juga diharapkan secepatnya segera dimulai karena Surat keputusan (SK) sudah terbit per 1 Februari kemarin.

Sementara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) juga hingga kini belum menetapkan akun pengganti bantuan sosial. Rencananya, tidak semua kebutuhan persiapan atlet bakal dikelola sendiri oleh PB.

"Hanya penginapan, konsumsi, suplemen, dan uji coba. Sementara uang saku atlet dan pelatih, serta peralatan tetap ada di pemerintah. Peralatan tetap menggunakan proses tender," lanjut dia.

Dalam prosesnya, Kemenpora akan menyesuaikan dana dengan program dan kebutuhan yang diperlukan PB.? PB juga akan dituntut pertanggungjawaban atas anggaran yang digunakan. (Dts/w)

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments