Rabu, 20 Nov 2019

Piala Dunia 2014

Kegagalan Bikin Jerman Lebih Kuat

Kamis, 23 Januari 2014 13:22 WIB
Berlin (SIB)- Legenda sepakbola Jerman Lothar Matthaeus yakin benar negaranya salah satu calon terkuat juara di Piala Dunia 2014. Menurut dia, Jerman kini lebih kuat berkat sejumlah kegagalan di masa lalu.

Sejak terakhir tampil sebagai juara Eropa pada 1996, Die Nationalmannschaaft belum lagi bisa menyabet gelar juara. Dalam nyaris dua dekade, Jerman hanya sebatas nyaris juara.

Di Piala Dunia, Jerman prestasi terbaiknya hanya sekali runner-up (2002) dan dua kali meraih posisi ketiga (2006, 2010). Sedangkan di Eropa, mereka sekai menjadi runner-up (2008).

Saat ini boleh dibilang Jerman sedang kembali dalam era emasnya. Sejumlah pemainnya ada di puncak karier, sebut saja Bastian Schweinsteiger, Philipp Lahm, Marco Reus, dan lain-lain.

Oleh karenanya tak heran apabila Jerman dijagokan untuk mengakhiri puasa panjang gelar juara, termasuk di Brasil pada musim panas ini.

"Tentu saja mereka punya kans juara," ujar Matthaeus kepada Fifa.com. "Jika tidak sekarang, mau kapan lagi?"

"Kami sudah bermain baik di banyak turnamen akhir-akhir ini dan sudah mencapai semifinal Piala Dunia dua kali, sekali final Piala Eropa dan empat besar di Piala Eropa sekali. Tim selalu nyaris tapi di langkah terakhir selalu gagal."

"Semua kegagalan dalam turnamen-turnamen yang sudah berlalu bisa membuat tim semakin kuat dan semakin padu," lanjut peraih Piala Dunia 1990 itu.

Jerman melewati babak kualifikasi zona Eropa dengan tak terkalahnkan. Diputaran final, Jerman tergabung di Grup G bersama Portugal, Ghana dan Amerika Serikat. (detikSport/)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments