Rabu, 29 Jan 2020

Impian Setien Latih Barcalona Terwujud

Valverde Korban Pemecatan Pertama Barcelona Setelah 17 Tahun
redaksisib Rabu, 15 Januari 2020 18:20 WIB
sportsmole.co.uk
Quique Setien
Jakarta (SIB)
Keputusan Barcelona merekrut Quique Setien sebagai pelatih baru menggantikan Ernesto Valverde membuat pelatih 61 tahun itu mewujudkan impian melihat Lionel Messi sebelum meninggal.

Setien secara mengejutkan menjadi pelatih yang dipilih manajemen Barcelona untuk menjadi pengganti Valverde yang dipecat, Senin (13/1). Padahal sebelumnya Barcelona santer dikabarkan sedang mendekati mantan kapten Blaugrana, Xavi Hernandez.

Melatih Barcelona merupakan salah satu impian Setien. Pasalnya, mantan pelatih Real Betis itu sangat terkesan dengan kapten Barcelona Lionel Messi. Bahkan Setien pernah berharap bisa terus melihat Messi bermain hingga usianya 60.

Harapan itu diungkapkan Setien ketika kali pertama melihat aksi Messi berlatih saat Barcelona masih ditangani Pep Guardiola.
"Suatu hari saya diundang Guardiola, saya punya kesempatan melihat Messi latihan dari pinggir lapangan. Saya menghampiri Messi dan meminta dia untuk tetap bermain hingga saya 60 tahun, setidaknya sampai saya meninggal," ujar Setien kepada El Pais dikutip dari Marca.

Bukan hanya memenuhi harapan melihat Messi bermain hingga berusia 60, Setien kini memiliki kesempatan melatih La Pulga.
Setien dan Messi juga pernah tertangkap kamera berbicara dengan hangat usai laga Las Palmas vs Barcelona di Stadion Gran Canaria pada 2016. Ketika itu Barcelona menang 4-1 dan Setien serta Messi berbicara hingga lorong stadion usai laga.

Setien sendiri dikontrak Barcelona dengan durasi 2,5 tahun. Barcelona sebenarnya sudah dihubungkan dengan Setien sejak Januari 2019, tapi mantan pelatih Real Betis itu baru bergabung pada Januari 2020.

Valverde
Ernesto Valverde jadi korban pemecatan pertama Barcelona setelah 17 tahun. Sebelumnya Barcelona mengganti pelatih karena kontraknya habis dan tidak diperpanjang. Pemecatan Ernesto Valverde pada Senin (13/1) malam waktu setempat menjadi rekor tersendiri bagi Barcelona.

Untuk kali pertama klub berjuluk Blaugrana itu memecat pelatih setelah 17 tahun. Terakhir kali klub asal Catalunya tersebut mendepak pelatih saat memecat Louis van Gaal pada 26 Januari 2003, dikutip dari AS.

Menurut laporan Marca, selain Van Gaal hanya ada tiga pelatih yang dipecat Barcelona sejak musim 1987/1988. Ketiganya pelatih tersebut adalah: Terry Venables, Johan Cruyff, dan Lorenzo Serra Ferrer.

Terry Venables yang melatih Barcelona sejak Juni 1984 dipecat pada 20 September 1987 usai 108 pertandingan, dan digantikan oleh Luis Aragones.

Pelatih legendaris Barcelona sekelas Johan Cruyff juga tidak lepas dari pemecatan manajemen klub Catalunya ini. Cruyff didepak Barca pada Mei 1996 sejak bertugas pada April 1991 dan digantikan Carles Rexach.
Terakhir ada nama Serra Ferrer yang dipecat Barcelona pada April 2001 sejak dikontrak pada Juli 2000 dan bertugas selama 296 hari. (CNN/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments