Minggu, 07 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran

Terpidana Seumur Hidup, Khomarudin Mengajari 200 Napi Mengaji

Jumat, 22 Mei 2020 20:06 WIB
Foto/dok

Kamarudin

Medan (SIB)
Kamarudin (46) warga Aceh ini menjadi guru ngaji di mesjid At - Taubah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I A Tanjunggusta Medan Kamarudin divonis majelis Pengadilan Negeri (PN) Medan penjara seumur hidup pada tahun 2014 silam, karena terbukti membawa 118 bal narkotika jenis ganja yang dibuat di 8 goni dengan berat 380 kilogram. Namun kini masa kelam itu ia lupakan.

Khomarudin saat ini mendidik 200 orang lebih narapidana lain untuk melakukan kegiatan ngaji dan sholat. "Saat ini kami sudah mencapai 200 orang," ujar Khomarudin saat ditemui di Lapas Tanjunggusta Medan, Minggu (17/5).

Disebutkannya, perkembangan sangatlah pesat dibandingkan sejak pertama kali mereka belajar mengaji. "Dulu kami hanya 20 orang, tapi kini sudah 200 orang," katanya.

Dijelaskannya, selain mengajar Alquran dan tajwid, ia juga mengajarkan gerakan sholat.
"Saat ini saya sudah mengajarkan Alquran, tajwid, dan juga gerakan sholat," katanya.

Kepala Bidang Pembinaan Lapas Tanjunggusta Medan Peristiwa Sembiring mengatakan, Khomarudin sudah kelihatan bahwa bekal agamanya kuat, sehingga ia dijadikan guru ngaji di masjid At-Taubah Lapas Tanjunggusta. "Bapak ini memang sudah kelihatan agamanya dalam, sopan, sering mengaji, dan selalu aktif mengikuti kegiatan yang kita adakan di Lapas Tanjunggusta Medan ini," jelasnya.

Untuk pembinaan sendiri, dijelaskan Peristiwa, Khomarudin hanya bisa ikut dalam pembinaan kepribadian saja, karena hukuman khomarudin cukup tinggi.

"Namun, dikarenakan pak Khomarudin saat ini menjalankan hukuman seumur hidup, maka pak Khomarudin hanya dapat diberikan pembinaan kepribadian saja, untuk ketrampilan, belum pernah kita ikutkan," jelas Tiwa. (M14/c)

T#gs
LebaranDPRDTebing
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments