Selasa, 18 Jun 2019

Sudut Kehidupan

* Oleh : Upa. Madyamiko Gunarko Hartoyo
admin Sabtu, 23 Februari 2019 16:26 WIB
Melihat dengan sudut pandang kehidupan yang menyenangkan dalam menghadapi perubahan yang terjadi setiap saat sangat penting bagi kita. Agar saat bertemu dengan yang disenangi akan bahagia dan berpisah dengan yang disenangi pun tetap tidak akan menderita. Kehidupan yang kita alami setiap saat akan mengalami perubahan dan perubahan yang terjadi terdiri dua sudut, baik dan jelek.

Kebahagiaan itu sesungguhnya tergantung dari sudut pandang kita, bagaimana menyikapi perubahan itulah yang sebenarnya membuat kita bahagia atau menderita. Pada dasarnya hidup selalu berubah, tapi sudut pandang kita untuk menghadapi perubahan itulah yang paling terpenting. Sudut pandang terbaik dalam menyikapi perubahan kehidupan adalah bagaimana kita selalu bahagia menghadapi setiap perubahan.

Ilustrasi bagaimana sudut pandang bisa menjadi penentu kebahagiaan kita atas sebuah perubahan. Sebagai contoh pada perubahaan infrastruktur di Sumatera Utara ini. Tiga tahun lalu, masih melekat dalam ingatan kita bagaimana sulitnya alat transportasi melewati kawasan Sei Rampah dan Tebingtinggi dikarenakan semua arah ke luar dari Kota Medan menuju Kisaran hingga Rantauprapat atau P Siantar hingga Sidimpuan hanya bertumpu pada satu jalan. Munculnya jalan tol Medan Sei Rampah diyakini membawa kebahagiaan dengan kemudahan dan berkurangnya waktu perjalanan.

Namun, ternyata kebahagiaan atas sudut pandang tersebut tidaklah benar sepenuhnya. Di sudut pandang lain, kehadiran jalan tol tersebut menjadikan jalan utama yang lama menjadi lebih sepi dan akibatnya penjualan toko-toko di sepanjang jalan menjadi berkurang. Satu sudut pandang yang menggambarkan bahwa kondisi tersebut berbeda dengan sudut pandang pertama, sebagian di antara masyarakat justru tidak bahagia.

Akan tetapi, seperti di awal dijelaskan, melihat dengan sudut pandang yang menyenangkan menjadi sangat penting atas segala perubahan yang terjadi. Terdapat sudut pandang lain yang sebenarnya dapat mengobati kondisi yang ada. Kehadiran jalan tol tersebut membawa kebahagiaan baru dan menyeimbangkan proses kehidupan masyarakat setempat yang dapat dilihat juga dalam kondisi yang membahagiakan. Kemudahan akses menjadikan bahan baku pertanian atau barang kebutuhan akan menjadi lebih murah dan hasil produksi lebih menguntungkan dengan ketersediaan transportasi yang lebih cepat. Terdapat juga ruang baru pengembangan ekonomi setempat, semuanya tergantung bagaimana sudut pandang atas perubahan menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Bhante Thitavamso dari Sangha Agung Indonesia mengungkapkan, bagaikan seni pembuat patung dari kayu ataupun lukisan di kain kanfas, diawali dari goresan, dari coretan tinta yang pada awalnya tidak terbentuk yang indah, tetapi di dalam pola pikir sang seniman sudah terlintas keindahan apa yang akan dipahat atau yang akan dilukisnya walau diawali dari goresan. Dengan goresan-goresan itulah akan menjadi seni yang indah apabila setiap perubahan goresan selalu terlintas dalam pikirannya tentang keindahan apa yang akan dibuatnya.

Agar kehidupan ini menjadi menyenangkan, kita perlu memperhatikan sudut pola pikir setiap saat, jangan sampai lengah apalagi tergiur atas apa yang terjadi baik itu keindahan ataupun keburukan yang terjadi di dalam kehidupan kita. Dengan memperhatikan pola pikir tanpa goyah maka kebijaksanaan lambat laun akan terbentuk di dalam diri kita. Sejatinya kita menjadikan segala apa yang terjadi baik suka ataupun duka kehidupan ini sebagai pelajaran untuk meningkatkan kualitas diri di masa sekarang maupun di masa mendatang.

Memandang kehidupan ini bagaikan kebahagiaan seorang seniman dari coretan awalnya dimulai karena ia melihat masa mendatang tulisan yang dicoret-coret ini akan menjadi indah. Kalau kita merasakan kebahagiaan di segala segi kehidupan, kita mampu selalu tersenyum. Kita juga bisa menularkan kebahagiaan yang sama kepada keluarga dan kepada siapapun yang berada di sekeliling kita. Dan pada akhirnya membawa kehidupan yang semakin baik di masyarakat dan semua makhluk hidup menjadi lebih bahagia. (q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments