Rabu, 11 Des 2019
  • Home
  • Medan Sekitarnya
  • Warga Keluhkan Tempat Pembuangan Sampah Tidak Disediakan Pemko Medan di Helvetia Timur

Warga Keluhkan Tempat Pembuangan Sampah Tidak Disediakan Pemko Medan di Helvetia Timur

* Persoalan Banjir Juga Belum Mampu Teratasi
admin Minggu, 03 Maret 2019 14:32 WIB
SIB/Dok
RESES: Anggota DPRD Medan Edward Hutabarat ketika melaksanakan reses pertama tahun 2019, Minggu (17/2), di Jalan Istiqomah, Kelurahan Helvetia Timur, Kecamatan Medan Helvetia.

Medan (SIB)- Sampah hingga kini masih menjadi pemasalahan yang belum dapat diatasi Pemerintah Kota Medan. Di saat masyarakat mulai sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan, tapi tempat penampungan sementara (TPS) di kawasan Kelurahan Helvetia Timur malah tidak disediakan Pemko.

Akhirnya, sampah tetap saja dibuang di tempattempat yang tidak diizinkan, seperti di tepi jalan dan tanah kosong yang padat penduduk, sehingga lingkungan terlihat jorok dan bau busuk.

Persoalan sampah tersebut dikeluhkan warga Jalan Istiqomah Medan Helvetia, Hendrik Manullang pada reses I anggota DPRD Kota Medan Tahun 2019 Drs Edward Hutabarat, dari Dapil Medan 3, Minggu (17/2).

" Kami sampai saat ini masih bingung hendak membuang sampah kemana, sebab di Kelurahan Helvetia Timur ini hampir tidak ada tempat pembuangan sampah sementara, kalaupun ada, lokasinya sangat jauh yakni di Jalan Sumarsono.

Untuk itu kami memohon kepada Edward Hutabarat mencarikan lokasi TPS sementara bagi kami warga Helvetia Timur,"katanya. Keluhan-keluhan lama juga masih banyak disampaikan warga seperti persoalan banjir. Salah satunya disampaikan Riana, warga Jalan Setia Budi Kelurahan Helvetia Timur.

Dia mengungkapkan, jika turun hujan sebentar saja langsung banjir. Warga tersebut meminta agar Pemko Medan mencari sumber banjir, dan memerbaiki drainase yang telah tersumbat.

Warga lainnya, Mirdad, tinggal di Jalan Karya Gang Rukun kepada Edward meminta agar pemerintah mencari solusi bagi para pengangguran. Akibat sulitnya mendapat pekerjaan telah mendorong pengangguran yang rata-rata berusia muda menjadi pencuri, atau melakukan hal-hal negatif termasuk menjadi kurir narkoba.

Menjawab pertanyaan dan keluhan masyarakat, Edward Hutabarat berjanji akan meneruskan aspirasi warga tersebut ke DPRD Kota Medan. Termasuk mencari tempat pembuangan sampah sementara sebelum diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA) di Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan.

" Memang saat ini lokasi TPS sudah sangat sulit ditemukan, karena minimnya lahan kosong yang jauh dari rumah penduduk. Sehingga warga banyak membuang sampah ditempat-tempat yang dianggap aman. Sementara tempat itu bukan tempat pembuangan sampah, ini yang saat ini sedang dicari solusinya bagi Pemko Medan,"terangnya.

Tentang permasalahan banjir, Edward berjanji akan berkoordinasi dengan Dinas PU Kota Medan untuk segera mencarikan penyebab kebanjiran itu. Sabar Sembiring, yang mewakili Dinas Pertamanan dan Kebersihan meminta warga yang tinggal di Kelurahan Helvetia Timur, agar melaporkan kepadanya jika ada menemukan lampu-lampu jalan yang tidak hidup atau rusak.

Karena Sabar menjamin setiap pengaduan warga akan segera di tindak lanjuti oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan. (A10/c)

T#gs Warga Keluhkan Tempat Pembuangan Sampah Tidak Disediakan Pemko Medan di Helvetia Timur
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments