Selasa, 10 Des 2019
  • Home
  • Medan Sekitarnya
  • Wali Kota Medan Minta Camat dan Lurah Tingkatkan Kapasitas untuk Beri Pelayanan Publik

Wali Kota Medan Minta Camat dan Lurah Tingkatkan Kapasitas untuk Beri Pelayanan Publik

Jumat, 23 November 2018 10:56 WIB
SIB/Dok
HADIR: Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi SH MH, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr H Dadang Hartanto SH SIK MSi, Kapolres Belawan Ikhwan Lubis SH MH serta Dandim 0201/BS Kol Inf Yudha Rismansah, menghadiri pembakalan terhadap seluruh camat dan lura
Sibolangit (SIB) -Wali Kota Medan meminta agar seluruh camat dan lurah serta aparatur meningkatkan kapasitas diri untuk memberi pelayanan terbaik kepada publik.  Hal itu disampaikan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH saat memberikan pembekalan terhadap seluruh camat dan lurah se-Kota Medan, Kamis 21/11) di lokasi wisata taman rekreasi The Hill, Sibolangit, Deliserdang. 

Di hadapan 21 camat dan 151 lurah yang menghadiri acara pembekalan itu , wali kota mengingatkan, fungsi utama pemerintah adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat. Oleh karenanya pemerintah perlu terus berupaya  meningkatkan kualitas pelayanan. Salah satu peningkatan kualitas pelayanan, jelas Wali kota, harus disertai peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Begitu juga dengan camat dan lurah,  kata wali kota, sebagai apratur pemerintahan mereka harus melaksanakan setiap tugas  pokok dan fungsinya dengan penuh tanggung jawab agar dapat menciptakan  kualitas kerja serta layanan yang optimal  sehingga  dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Apalagi saat ini masyarakat sudah semakin kritis dalam menyampaikan berbagai aspirasi, tak terkecuali pelayanan yang diperolehnya baik di kelurahan maupun kecamatan. Untuk itu saya ingatkan para camat dan lurah agar selalu rajin mengevaluasi kinerja setiap pelayanan yang diberikan para pegawainya kepada masyarakat sehingga terwujud pelayanan prima," kata Dzulmi Eldin.

Kemudian  dirinya tidak ingin mendengar keluhan dari masyarakat, terutama  dalam hal pungutan liar.  Diingatkannya, Tim Saber Pungli sudah terbentuk  sehingga imbalan sekecil apapun yang diterima merupakan bentuk pungutan liar (Pungli).

"Apabila itu terjadi, saya tidak akan tinggal diam. Sebab, saya tidak ingin memertahankan aparatur di jajaran Pemko Medan yang kinerjanya tidak maksimal, terutama bagi yang melakukan Pungli karena itu akan berdampak buruk terhadap kinerja Pemko Medan. Jadi saya minta saudara harus memersiapkan mental, disiplin dan etos kerja yang baik," tegasnya.

Selanjutnya melalui pembekalan yang dilakukan ini, wali kota berharap dapat meningkatkan kapasitas camat dan lurah. Di samping itu juga agar semakin terbangunnya pemahaman terhadap kerjasama tim, termasuk komunikasi dan koordinasi di dalamnya. Dengan semakin padunya kerjasama dan didukung suasana kerja yang nyaman, wali kota optimis akan terbangun inovasi.

Selanjutnya dia mengajak seluruh camat dan lurah agar senantiasa membangun komunikasi dan koordinasi yang baik serta menjaga semangat persatuan dan kesatuan, terutama  dalam memberikan pelayanan prima bagi seluruh masyarakat Kota Medan.

Tujuan kegiatan yang berlangsung selama 3 hari mulai 20-22 November dilakukan untuk meningkatkan kapasitas seluruh aparatur  yang  bersentuhan langsung dengan masyarakat tersebut.

Dalam acara yang dihadiri langsung Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr H Dadang Hartanto SH SIK MSi, Kapolres Belawan Ikhwan Lubis SH MH serta  Dandim 0201/BS Kol Inf Yudha Rismansah, seluruh camat dan lurah diberikan pembekalan guna menambah pengetahuan sekaligus memberikan masukan serta menjalin sinergitas.        

Sebelumnya acara pembekalan diisi dengan pemaparan yang disampaikan Dandim 0201/BS, Kapolrestabes Medan dan Kapolres Belawan. Selain itu seluruh camat dan lurah diberikan pelatih outbond yang berguna untuk membangun kerjasama dan kekompakan sehingga terbangunnya rasa kebersamaan antar seluruh camat dan lurah. (A07/c)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments