Kamis, 14 Nov 2019

Wagubsu Musa Rajekshah Dijadwalkan Hadiri Bolahan Amak di Silahinabolak Dairi

Rabu, 14 November 2018 15:47 WIB
Asner Silalahi, bersama isteri Juliati br Hombing pada saat pelantikan sebagai ketua umum DPP Pomparan Silahisabungan
Medan (SIB)- Pomparan Raja Silahisabungan Bolahan Amak Sondi Raja  akan melaksanakan pesta partangiangan dan budaya luhutan bolon ke - 38, tahun 2018  pada 16-18 November pekan ini di desa Silahinabolak, Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi. Pesta ini sekaligus sebagai pencanangan  kumpulan marga tersebut menjadi kelas dunia dengan sebutan: Pomparan Raja Silahisabungan se-Dunia. Wagubsu Musa Rajeksha akan hadir.

Ketua Umum DPP Pomparan Raja Silahisabungan se-Indonesia, Ir Asner Silalahi MT, menyatakan pesta raya ini sebagai agenda rutin yang sudah mencapai tahun ke-38. Ini menunjukkan, kemapanan organisasi untuk lebih meningkatkan peran dan fungsinya bagi masyarakat, khususnya sesama keturunan marga Silahisabungan.

"Setidaknya ada tiga faktor yang mendorong kumpulan Pomparan Raja Silahisabungan ini sudah saatnya menanjak ke kelas atau nama kelas dunia. Pertama, komunitas dan keluarga Silahisabungan ini tampak sudah meluas dan menyebar ke berbagai penjuru nusantara bahkan mancanegara dengan tingkat komunikasi yang lumayan intens. Kedua, populasi keluarga dari kalangan delapan unsur si walu turpuk tampak kian solid. Yang dibuktikan dengan komitmen siap menjadi tuan rumah (bolahan amak) secara bergiliran, dan tahun ini kebetulan giliran pihak Sondiraja. Ketiga: adanya sentimen dan kepedulian tinggi untuk melestarikan situs dan asal usul marga dengan menjadikan kampung halaman Silahinabolak di Dairi tetap menjadi pusat, baik sebagai pusat DPD, DPP maupun yang tingkat dunia," papar Asner Silalahi kepada pers di Medan, Selasa (13/11).

Kehadiran Wagubsu nantinya kata Asner, juga akan menjadi momentum khusus bagi keluarga besar Pomparan Silahisabungan untuk menyampaikan misi yang merupakan salah satu misi atau program pemerintah di bidang sosial-budaya. Yaitu pemaparan atau presentasi 10 objek situs kuno peninggalan Raja Silahisabungan sebagai bagian program pelestarian nilai budaya dan sejarah Batak. 

"Ke-10 situs kuno juga menunjukkan kiprah dan peran semua atau delapan unsur marga atau Siwalu Turpuk Silahisabungan, yaitu Loho Raja (Sihaloho), Tungkir Raja (Situngkir), Sondi Raja (Rumasondi), Dabutar Raja (Sinabutar), Bariba Raja (Sidabariba), Debang Raja (Sidebang), Batu Raja (Pintubatu) dan Tambun Raja (Tambunan)," ujar Asner, disaksikan isterinya, Juliati Sihombing. (A04/c)



T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments