Rabu, 24 Jul 2019

Terima Kunjungan Dubes Prancis

Wagub Sampaikan Potensi Sumut untuk Dikerjasamakan

admin Kamis, 14 Maret 2019 16:35 WIB
SIB/Dok
Ulosi : Usai diulosi, Wagubsu Musa Rajekshah memberikan cenderamata dan menyalam Dubes Prancis untuk Indonesia Jean Charles Berthonnet dalam kunjungan kehormatannya, Rabu (13/3) di ruang Kaharuddin Nasution Lt. 8 Kantor Gubsu Jalan Diponegoro No.30 Medan.
Medan (SIB) -Wagub Sumut Musa Rajekshah menyampaikan potensi Sumut yang dapat dikerjasamakan dengan para investor dari negara lain, khususnya dengan negara Prancis. Selain sumber daya alam (SDA) yang berlimpah, Sumut memiliki penduduk 14 juta jiwa lebih yang terdiri dari berbagai etnis, yang juga memiliki banyak potensi untuk dikerjasamakan dengan para investor.

Dengan banyaknya investor yang masuk ke Provinsi Sumut, juga akan membuka lapangan pekerjaan. "Hal ini sesuai dengan salah satu visi pembangunan Gubernur Sumatera Utara yaitu ketenagakerjaan," ujar Musa Rajekshah saat menerima kunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) Prancis untuk Indonesia Jean Charles Berthonnet beserta delegasi, Rabu (13/3) di ruang Kaharuddin Nasution Lt. 8 Kantor Gubsu Jalan Diponegoro No. 30 Medan.

Begitu juga peningkatan kualitas pendidikan dari sumber daya manusia (SDM) masyarakat Sumut, kata dia, saat ini Pemerintah Provinsi Sumut sedang menyusun program pemberian beasiswa pendidikan bagi anak-anak yang ingin melanjutkan kuliahnya ke luar negeri. Untuk itu, Sumut telah bekerja sama dengan beberapa negara. "Ke depan, negara Prancis juga memiliki program beasiswa seperti itu yang dapat dikerjasamakan," sebut Wagub, yang didampingi Asisten Umum dan Aset Setdaprovsu Zonny Waldi dan para kepala OPD Pemprov Sumut.

Untuk peluang berinvestasi, lanjut Wagub, Sumut memiliki sumber daya alam yang luar biasa. Seperti sumber energi dari panas bumi, serta pembangkit listrik tenaga air. Saat ini, Sumut juga sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur dan alat transportasi, baik jalan, kereta api dan pelayanan bandar udara serta pelabuhan laut, seperti Kuala Tanjung dan Belawan. "Dan ini merupakan peluang bagi negara Prancis untuk berinvestasi," katanya.

Juga dari bidang perkebunan, kata dia, sebagian besar di Provinsi Sumut merupakan perkebunan kelapa sawit. Sumut memiliki perkebunan terluas dan penghasil CPO terbesar di Indonesia. "Diharapkan dengan kedatangan delegasi Prancis ke Sumut dapat menyampaikannya kepada pemerintah Prancis terkait kerja sama yang akan dilakukan, khususnya pada bidang perkebunan kelapa sawit," sebut Wagub, seraya menyampaikan bahwa banyak potensi lain yang bisa dikerjasamakan, seperti pertanian, perikanan dan juga pariwisata.

Duta Besar Prancis untuk Indonesia Jean Charles Berthonnet pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan Pemprov Sumut guna membicarakan hal-hal yang dapat dikerjasamakan dengan Indonesia, khususnya dengan Pemprov Sumut.

Jean mengatakan, telah bertugas sebagai Dubes Prancis untuk Indonesia kurang lebih 2,5 tahun dan telah berkunjung ke perkebunan kelapa sawit dan juga ke Danau Toba. Terkait bidang pendidikan yang disampaikan Pemprov Sumut, dirinya atas nama Pemerintah Prancis sangat menyambut baik keinginan Pemprov Sumut tersebut. "Diharapkan akan semakin banyak mahasiswa-mahasiswa dari Provinsi Sumatera Utara yang ingin melanjutkan pendidikan ke Prancis," ujarnya. (A11/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments