Rabu, 13 Nov 2019

Wabup Deliserdang Buka Gerakan Nasional Gemar Membaca

admin Minggu, 25 Agustus 2019 13:07 WIB
SIB/Dok
CENDERAMATA: Inspektur Perpustakaan Nasional RI, Darmadi memberi cenderamata kepada Wabup Deliserdang MA Yusuf Siregar usai membuka gerakan nasional gemar membaca di Lubukpakam, Jumat (23/8).
Lubukpakam (SIB) -Wakil Bupati Deliserdang HMA Yusuf Siregar membuka safari gerakan nasional gemar membaca dengan tema "Pustakawan Berkarya Mewujudkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat" di aula Cendana Kantor Bupati, Lubukpakam, Jumat (23/8).

Safari itu merupakan program nasional sebagai implementasi dari revolusi mental melalui mobilisasi pengetahuan, dalam meningkatkan indeks literasi masyarakat Indonesia.

Turut hadir Inspektur Perpustakaan Nasional RI Darmadi, anggota DPR RI Sofyan Tan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Utara dan Deliserdang, Halen Purba dan Ridwan Said Siregar serta segenap penggiat literasi se-Deliserdang.

Wabup mengatakan, budaya membaca buku di sebagian kalangan masyarakat belumlah sepenuhnya menjadi sesuatu yang menjadi kebiasaan. Hal itu menurutnya mungkin disebabkan sebagian masyarakat lebih disibukkan dengan pemenuhan kebutuhan pokok, sehingga membaca belumlah dianggap sebagai kebutuhan penting dan utama.

Saat ini kata Yusuf Siregar, teknologi digitalisasi banyak menggantikan peran buku. Jadi tidak heran jika budaya membaca buku saat ini mulai ditinggalkan. Terlebih, dengan hadirnya permainan dalam gadget sehingga membuat anak-anak lebih gemar bermain game daripada membaca buku.

"Tentu ini menjadi keprihatinan. Padahal anak-anak adalah modal, anak-anak adalah aset, harta yang kita miliki adalah anak-anak. Melalui gerakan nasional gemar membaca, saya mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk kembali menggalakkan budaya membaca buku," terang Yusuf Siregar.

Sementara Halen Purba menyebut tujuan transformasi perpustakaan adalah untuk meningkatkan literasi informasi berbasis TIK. Untuk meningkatkan kualitas hidup serta kesejahteraan masyarakat yang terpelajar, berkarakter, cerdas, kolaboratif, berdaya saing dan mandiri.

Pada kesempatan itu dilakukan sesi tanya jawab dalam pengembangan minat baca buku di Deliserdang. Perwakilan anak sekolah dasar yang turut hadir dalam acara itu turut berpartisipasi dalam memberikan pertanyaan. (T05/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments