Sabtu, 23 Mar 2019

Dinkes Sergai Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis

Untuk Mewujudkan Sergai Zero AKI, AKB dan Gizi BurukSergai

admin Jumat, 15 Maret 2019 11:37 WIB
SIB/Dok
PENYULUHAN : Kepala Dinkes Sergai dr Bulan Simanungkalit saat memberi penyuluhan tentang pencegahan berbagai penyakit di kegiatan pelayanan kesehatan gratis, Kamis (14/3) di Desa Nagakesiangan Kecamatan Tebingtinggi.
Sergai (SIB) -Dalam upaya pencegahan terhadap Penyakit Tidak Menular (PTM), Dinas Kesehatan (Dinkes) Sergai menggelar pelayanan kesehatan gratis kepada ratusan warga, Kamis (14/3). Pelayanan kesehatan gratis itu dilaksanakan di Puskesmas Nagakesiangan, Payalombang dan Dolokmerawan.

Kadis Dinkes Sergai dr Bulan Simanungkalit MKes MM kepada SIB mengatakan, dewasa ini Indonesia menghadapi tantangan besar yakni, masih adanya penyakit infeksi, meningkatnya PTM dan penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi muncul kembali. Karena meningkatnya PTM itu, dapat menurunkan produktivitas SDM bahkan kualitas generasi bangsa.

"Hal itu, juga berdampak pada besarnya beban pemerintah dalam menangani PTM yang pada akhirnya memengaruhi pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat. Untuk itu, diselenggarakan Gerakan Masyarakat Empati Masyarakat Sehat (Gemas) dan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dengan cara pelayanan kesehatan gratis agar pemerintah benar-benar hadir di tengah-tengah masyarakat," ujar dr Bulan.

Tak hanya pelayanan kesehatan gratis, kegiatan yang dihadiri TNI, Polri, camat, Kepala Puskesmas, aparat desa dan dokter-dokter itu juga bertujuan untuk mewujudkan masyarakat Sergai Zero Angka Kematian Ibu (AKI), Zero Angka Kematian Bayi (AKB), Zero Gizi Buruk serta Zero Stunting."Jika semua itu tercapai maka terciptalah derajat kesehatan masyarakat Sergai yang optimal," tegasnya.

Di sela-sela kegiatan, dr Bulan juga menganjurkan masyarakat melakukan kegiatan Germas di antaranya, melakukan aktivitas fisik 30 menit sehari, mengonsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban. "Semoga apa yang telah kita lakukan, dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak," harap Kadis.

Pelayanan kesehatan yang meliputi senam sehat, pengobatan gratis, pemeriksaan Kadar Gula Darah (KGD), pemeriksaan kolesterol dan pemeriksaan asam urat itu tampak diikuti dengan antusias oleh masyarakat. (MRF/C02)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments