Jumat, 18 Okt 2019

Tumpukan Sampah Timbulkan Aroma Bau Busuk di Perumnas Mandala

* Kasi Kebersihan : Sampah dari MMTC Itu untuk Peningkatan PAD
admin Sabtu, 14 September 2019 11:49 WIB
SIB/Dok
SAMPAH MENUMPUK : Sampah di TPS Perumnas Mandala Kelurahan Kenangan Lama Kecamatan Percut Seituan Deliserdang semakin menumpuk dan menggunung, berakibat menimbulkan aroma bau busuk dan meresahkan warga setempat.
Percut Seituan (SIB) -Aroma bau busuk sangat menyengat berasal dari tumpukan sampah yang berada di TPS (Tempat Pembuangan Sampah Sementara) Perumnas Mandala Kelurahan Kenangan Kecamatan Percut Seituan semakin dikeluhkan warga setempat, Jumat (13/9) sore.

Bau menyengat bukan hanya dirasakan warga sekitar TPS, juga sangat mengganggu pengguna jalan, bahkan tumpukan sampah terlihat semakin melebar hingga menuju bahu Jalan Garuda Raya serta sampag berserakan nyaris menutup drainase milik warga.

Tumpukan sampah di lokasi TPS Perumnas Mandala di dominasi sampah dari sisa-sisa sayuran, sampah dapur dan juga sampah plastik. Apalagi kondisi tersebut, pada jam-jam sibuk seperti pagi sampai sore hari kerap mengganggu aktivitas pegawai yang bekerja di PT PLN Persero dan PDAM Tirtanadi yang kantornya tepat di depan lokasi TPS.

Menurut keterangan pedagang di sekitar lokasi TPS Perumnas Mandala, mereka sudah membayar uang kebersihan sampah. Namun kondisi tumpukan sampah selalu terjadi setiap harinya, pedagang mengatakan tidak tahu bagaimana sebenarnya pengelolaan sampah di TPS Perumnas Mandala itu.

Seorang warga setempat yang tengah memilah sampah, Joni mengatakan biasanya mobil pengangkut sampah datang setiap siang.
Namun hampir setiap waktu ada saja masyarakat yang juga membuang sampah di lokasi tersebut, membuat tumpukan sampah tidak pernah habis-habisnya dan terus menumpuk. Bahkan kalau hujan, sampahnya menyebar sampai bahu jalan dan ke selokan parit.

Kasi Kebersihan Kecamatan Percut Seituan, Boby Arianto membenarkan adanya sampah yang semakin menumpuk terjadi di TPS Perumnas Mandala Kelurahan Kenangan. Hal itu disebabkan karena sampah dari lokasi komplek MMTC Pancing Desa Medan Estate juga dibuang ke TPS Perumnas Mandala.

Kendalanya, Pihak Kecamatan Percut Seituan kekurangan mobil pengangkut sampah dan masih menunggu bantuan dari Pemkab Deliserdang, "Sampah dari MMTC itu kita angkut dan buang ke TPS Perumnas Mandala untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah," tegas Boby.

Katanya, akhir September atau awal Oktober 2019, bantuan mobil sampah akan turun dari Pemkab Deliserdang dan tumpukan sampah di TPS Perumnas Mandala akan segera teratasi untuk dibuang ke lokasi TPA (Tempat Pembuangan Akhir) sampah dan keluhan warga akan segera teratasi. (T04/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments