Kamis, 06 Agu 2020

Tidak Ada Lagi Warga Bermukim, Dusun 5 di Deliserdang akan Dievaluasi

redaksi Jumat, 29 November 2019 13:34 WIB
airmagz.com
Ilustrasi Dusun
Deliserdang (SIB)
Dusun 5 di Desa Medan Estate, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang akan dievaluasi pada tahun 2020. Hal itu dilakukan mengingat tidak ada lagi warga yang bermukim di dusun itu, namun status administrasi kependudukan beberapa warga masih ada yang diurus seorang kepala dusun.

"Dulunya dusun itu ramai penduduk dengan tanah kebun, namun karena ada developer atau pengembang yang membeli lahan mereka dan mengganti rugi bangunan, akhirnya tidak ada lagi warga yang tinggal saat ini. Namun beberapa warga masih ada status kependudukannya di Dusun 5 itu belum direvisi warganya," kata Pj Kades Medan Estate, Bobby kepada wartawan, Selasa (26/11).

Adanya isu yang menyebut dusun itu sebagai dusun "hantu" karena kepala dusunnya menerima gaji dari Dana Desa, Bobby membantahnya. "Tidak benarlah demikian, karena dari sejarah dulunya warga yang bermukim ramai. Benar kepala dusun terima gaji, namun kan ia membantu tugas-tugas kepala desa juga urusi administrasi kependudukan warga pindah yang belum diperbaiki itu. Baru-baru ini dalam Pemilu yaitu dalam daftar pemilih tetap ada di Dusun 5 dan yang mengurusi yaitu kepala dusun," kata Bobby.
Untuk pembangunan yang bersumber dari Dana Desa tambah Bobby tidak ada dilakukan di Dusun 5. "Untuk pembangunan yang menggunakan Dana Desa tidak ada kita lakukan di dusun itu," akunya.

Menurut Bobby, desa yang ia pimpin terdiri dari 12 Dusun dengan jumlah penduduk kurang lebih 420 jiwa.
Kemudian dijelaskannya, Dinas PMD Deliserdang berecana menaikkan gaji kepala dusun pada tahun 2020.
"Jadi saat itu juga nanti dievaluasi status Dusun 5 tersebut. Sesuai petunjuk Dinas PMD Deliserdang, meminta kepada pihak kecamatan dan desa agar memverifikasi dusun yang akan dimekarkan maupun yang akan digabungkan sesuai Perbub Nomor 31 tahun 2018. Hal itu disebabkan akan diadakan kenaikan gaji kepala dusun setingkat dengan perangkat desa lainnya TMT 1 Jan 2020," imbuh mantan ajudan Wakil Bupati Deliserdang tersebut.(T05/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments