Jumat, 17 Jul 2020

Terminal Amplas dan Pinang Baris Bersiap Hadapi New Normal

redaksisib Selasa, 30 Juni 2020 10:36 WIB
zonasultra

Ilustrasi

Medan (SIB)
Terminal Amplas dan Terminal Pinang Baris di Kota Medan terus bersiap menghadapi kondisi new normal, pasca pemberlakuan stay at home di Sumatera Utara (Sumut).

Kepala Terminal Amplas Yusuf Nasution mengatakan, dalam tahap penerapan tatanan kenormalan baru (new normal), semua armada bus yang masuk terminal akan disemprot disinfektan. Seluruh kru bus dan penumpang harus mematuhi protokol kesehatan.

“Kru bus harus memiliki surat sehat, pakai masker, sarung tangan, face shield dan juga dilengkapi hand sanitizer. Jumlah penumpang dibatasi hanya 50 persen dan masing-masing harus jaga jarak,” ujar Yusuf Nasution kepada SIB, Senin (29/6) melalui telepon.

Selain itu lanjutnya, khusus bagi penumpang tujuan luar provinsi harus bisa menunjukkan surat izin ke luar daerah dan surat sehat. “Untuk penumpang yang masuk terminal nantinya diperiksa, harus cuci tangan, pakai masker dan memiliki surat sehat,” imbuhnya.

Ia menegaskan, jika nantinya di dalam armada bus kedapatan penumpang yang tidak mengenakan masker, maka penumpang akan disuruh turun. “Ini sebagai upaya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Kami juga sudah membuat imbauan di areal terminal wajib pakai masker dan juga di pintu bus AKAP dan AKDP,” katanya.

Dia menilai, dengan akan kembali beroperasinya bus AKAP dan AKDP belum tentu penumpang kembali seperti semula dan membutuhkan tahapan penyesuaian. “Belum tentu ada penumpang yang naik, soalnya kan baru rencana new normal. Apalagi saat ini jumlah terpapar Covid-19 masih terus meningkat,” imbuhnya.

Dalam situasi normal, ada seribuan armada bus yang keluar masuk terminal Amplas dan Pinang Baris setiap harinya, namun setelah mewabahnya Covid-19, secara berangsur mengalami penurunan hingga 70 persen. (M12/f)
T#gs Hadapi New NormalPinang BarisTerminal Amplas
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments