Minggu, 27 Sep 2020

Situs Cagar Budaya Benteng Putri Hijau di Deliserdang akan Dipugar

Minggu, 27 September 2015 14:04 WIB
Lubukpakam (SIB)- Pemkab Deliserdang mendukung pelestarian situs cagar budaya Benteng Putri Hijau yang berada di Desa Delitua Kecamatan Namorambe Kabupaten Deliserdang, yang merupakan salah satu situs bersejarah di Sumatera Utara berkelas dunia. Situs bersejarah itu sebelumnya sudah ditetapkan sebagai Cagar Budaya sesuai SK Bupati Deliserdang Nomor 1863 tahun 2004.

Hal itu terungkap ketika Bupati H Ashari Tambunan menerima arkeleog asal Inggris yang merupakan salah seorang penemu situs Benteng Putri Hijau, Dr EE MC Kinnon bersama tim ahli cagar budaya, Rita M Setia Ningsih, Lukas P Koestoro, Sejarahwan Ichwan Ashari selaku Ketua Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-ilmu Sosial Lembaga Penelitian Unimed (Universitas Negeri Medan), Jumat (25/9) di ruang rapat Lantai II Kantor Bupati Deliserdang di Lubukpakam.

Pada pertemuan itu, bupati yang didampingi Sekdakab Drs H Asrin Naim, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata H Faisal Arif Nasution MSi, Kadis Infokom Drs Neken Ketaren, Dosen FIB USU (Universitas Sumatera Utara) Drs Setia Dharmawan Purba MSi dan Camat Namorambe Surya Bangun Muda SSos. Kinnon menjelaskan Benteng Putri Hijau merupakan warisan sejarah berkelas dunia yang kondisinya terancam punah.

Benteng Putri Hijau adalah salah satu peninggalan besar sejarah kerajaan Aru yakni kerajaan tertua di Sumut yang ditaklukkan dan dikuasai oleh Aceh. Meski situsnya hampir punah namun masih terlihat ada pemandian Putri Hijau dan pancuran Panglima yang sesungguhnya perlu dilakukan pemugaran. Cagar budaya itu cukup berharga selain untuk wisata budaya juga untuk pengembangan pendidikan bagi generasi mendatang.

Bupati menyambut baik dan mendukung sepenuhnya upaya pelestarian situs Benteng Putri Hijau dan berharap adanya dukungan semua pihak termasuk tokoh-tokoh budaya maupun masyarakat sekitarnya sehingga upaya pelestarian itu berjalan secara optimal. Bupati memerintahkan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata dan Camat Namorambe agar mensosialisasikan rencana pelestarian itu dan terus melakukan pendataan lokasi serta melakukan perencanaan terhadap langkah-langkah berikutnya. (A24/y)


T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments