Kamis, 24 Sep 2020

    Sisik Ikan Tilapia PT AN Tembus Pangsa Pasar Internasional

    redaksi Jumat, 06 Desember 2019 15:04 WIB
    Foto SIB/M Reza Fahlefi
    SISIK IKAN : Plan Manager PT AN, Joko Suhendro saat menjelaskan manfaat dari sisik ikan tilapia yang diekspor ke pangsa pasar Internasional kepada awak media, Kamis (5/12) di Dusun VII, Desa Nagakisar, Kecamatan Pantaicermin, Kabupaten Sergai.
    Sergai (SIB)
    Kesuksesan PT Aquafarm Nusantara (AN) Regal Springs Indonesia sebagai pengekspor daging fillet terbaik se-Asia dari ikan tilapia atau nila ke berbagai belahan dunia, tampaknya juga merambah pada komoditi lain. Hal itu terbukti, dengan banyaknya permintaan pangsa pasar Internasional untuk mengekspor sisik dari kulit ikan tilapia PT AN.

    "Di 2018, kita mampu mengekspor lebih kurang 2.000 ton sisik ikan. Namun tahun ini, PT AN Regal Springs Indonesia telah mengekspor 2.700 Ton lebih sisik ikan ke luar negeri," kata Plan Manager PT AN, Joko Suhendro saat ditemui awak media di pabrik pengolahan ikan di Dusun VII, Desa Nagakisar, Kecamatan Pantaicermin, Kabupaten Sergai, Kamis (5/12).

    Dikatakan, saat ini negara yang paling menyukai sisik dari kulit ikan tilapia PT AN di antaranya, Jerman, Perancis, Thailand dan Jepang. Biasanya, sisik ikan tilapia dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan tas, ikat pinggang, dompet, serta aksesoris lainnya.
    "Bahkan, kolagen dan gelatin yang dihasilkan sisik ikan tilapia dapat dijadikan sebagai bahan dasar kosmetik, obat-obatan, losion penghalus kulit, obat luka bakar, permen marshmallow, maupun kerupuk yang gurih," imbuh Joko.

    Dia menyebut, untuk mengubah isi perut dan usus menjadi minyak ikan diperlukan waktu selama 3 hingga 4 jam dengan cara dipanaskan melalui kondensor. Diakuinya, jika minyak ikan tilapia diolah dengan etanol, maka bisa dijadikan sebagai bahan bakar biodiesel atau solar untuk kendaraan bermotor.

    "Kami sudah pernah meneliti, dimana minyak ikan tersebut dicampur etanol. Hasilnya mencengangkan, ternyata minyak ikan bisa digunakan sebagai bahan pengganti solar untuk penggerak truk," pungkas Plan Manager PT AN. (T09/q)



    T#gs
    Berita Terkait
    Komentar
    Komentar
    Silakan Login untuk memberikan komentar.
    FB Comments