Kamis, 12 Des 2019

Sigap Evakuasi 72 Bangkai Babi, Pemkab Diapresiasi DPRD Deliserdang

redaksi Kamis, 14 November 2019 11:30 WIB
Sib/Doc
MENYISIR: Ketua Tim, Suryadi Aritonang dan jajaran lainnya menyisir bangkai babi di Sungai Percut, Percut Seituan, Selasa (12/11).

Deliserdang (SIB)
Ketua Fraksi Demokrat, DPRD Deliserdang, H Ismayadi SH mengapresiasi Pemkab Deliserdang yang sigap menangani persoalan bangkai babi yang dibuang masyarakat di Sungai Bagan Percut, Percut Seituan, Selasa (12/11).


Disebutnya, pembuangan bangkai babi ke sungai dapat mengakibatkan kerusakan ekosistem. Sungai dapat tercemar dengan penyebaran bakteri yang terkandung dalam bangkai.


"Kita apresiasi Pemkab Deliserdang yang menurunkan tim penuh untuk menyisir bangkai babi dan berhasil dievakuasi 72 ekor dilanjutkan penguburan," kata Ismayadi yang juga Ketua PMI Deliserdang.


Ia meminta Pemkab Deliserdang dan kepolisian agar segera mengungkap asal bangkai. "Saya minta itu ditelusuri bangkai dari mana dan mohon ditindak tegas siapa pelakunya karena sudah sangat merusak ekosistem sungai dan masyarakat lainnya," pinta Ismayadi.


Sebelumnya, tim melakukan penyisiran dan pembersihan bangkai babi di Sungai Percut, Kecamatan Percut Seituan. Sebanyak 72 Ekor bangkai yang berhasil dievakuasi dari aliran Sungai Percut, Desa Percut dan Desa Cinta Dame, Kecamatan Percut Seituan. Usai dievakuasi dilakukan penguburan.


Ketua Tim Penyisiran, Kasatpol PP Deliserdang, Suryadi Aritonang menyampaikan bahwa kegiatan itu dilakukan sebagai respon cepat dari Bupati Deliserdang dalam menanggapi isu yang meresahkan masyarakat akibat bangkai babi. Juga menjadi perhatian Gubernur Sumut.


Peserta penyisiran dibagi menjadi 6 tim. Setiap tim terdiri dari instansi terkait dan kepala dusun sebagai penunjuk jalan menyisir tepian sungai. Sementara 1 tim dari BPBD Deliserdang menyusuri aliran sungai menggunakan perahu karet.


Hadir pada penyisiran itu, Kadis Kominfo Deliserdang Drs Haris B Ginting dan jajaran, Kadis LH Artini S Marpaung dan jajaran, Kadis Kanla TM Zaki Aufa dan jajaran, anggota DPRD Deliserdang Rahmadsyah, Camat Percut Seituan Drs Khairul Azman MAP, Kabid Peternakan Ruslan Simanjuntak, Sekretaris BPBD Darwin Surbakti, Dinkes, PMI, Polsek dan Koramil, para kades dan masyarakat.


Giat penyisiran dan pembersihan bangkai babi di sepanjang aliran sungai Percut sampai muara laut akan dilanjutkan Rabu (13/11) oleh tim relawan yang dibentuk Camat Percut Seituan. Bangkai babi hasil giat itu akan dikuburkan di lahan Dusun VIII Desa Percut.


Camat juga menyediakan lahan/lobang tempat penampungan bangkai babi di Dusun XVIII Desa Saentis berukuran 4x10 meter dengan kedalaman 5m. "Saya minta Kades agar menyampaikan kepada masyarakat peternak babi apabila ada ternak yang mati karena virus cholera agar segera melapor, agar dikubur di lahan yang disediakan," kata Khairul.(T05/t)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments