Senin, 09 Des 2019

Sambut Sumpah Pemuda, Yayasan Honda Lestarikan Budaya dan Berikan Beasiswa

Selasa, 30 Oktober 2018 17:10 WIB
Medan (SIB)- Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) mengajak generasi muda untuk melestarikan budaya bangsa melalui seni musik Angklung. Pelestarian budaya ini dituangkan dalam kegiatan Pasanggiri atau Perlombaan Angklung yang diikuti lebih dari 600 pemuda dari Sekolah Satu Hati binaan PT Astra Honda Motor (AHM).

Tahun ini, gelaran Pasanggiri Angklung sangat kental dengan nuansa nasionalisme. Sebelum memulai kompetisi, para peserta bersama-sama mengucapkan Ikrar Sumpah Pemuda sebagai bentuk penegasan kecintaan terhadap Tanah Air. Dalam kompetisi angklung yang berlangsung di SMK Mitra Industri MM2100 Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (27/10), setiap peserta menjadikan lagu Bangun Pemuda-Pemudi ciptaan A Simanjuntak sebagai salah satu performa utama yang ditampilkan.

Wakil Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan penyelenggaraan Pasanggiri Angklung merupakan upaya Yayasan Honda untuk menjaga semangat generasi muda dalam menumbuhkan rasa cinta Tanah Air melalui pelestarian budaya. Budaya Angklung dipilih karena merupakan salah satu warisan budaya asli Indonesia yang sudah diakui UNESCO sejak November 2010.

"Angklung kami pilih untuk kami lestarikan karena filosofinya yang mengajarkan kebersamaan. Harmoni orkestra angklung tidak akan muncul kalau tidak dimainkan dengan sinergi dan kekompakan. Semangat inilah yang kami harapkan dapat menginspirasi generasi muda di hari Sumpah Pemuda ini," ujar Muhibbuddin.

Sementara itu, Leo Wijaya Direktur PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di Sumut mengungkapkan bahwa pihaknya sangat menyambut baik dan mendukung upaya Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) mengajak generasi muda untuk melestarikan budaya bangsa melalui seni musik Angklung. "Angklung merupakan salah satu bentuk cinta tanah air menjaga keberagaman budaya. Semangat Kebersamaan untuk menciptakan harmoni kebersamaan untuk negeri," ujar Leo Wijaya.

Program pelestarian budaya Angklung ini telah dilakukan sejak tahun 2013. Saat ini terdapat 24 sekolah yang mengajarkan angklung kepada siswa di bawah payung Program Sekolah Satu Hati.

Beasiswa
Sementara itu, di puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda, Yayasan AHM mewujudkan kepeduliannya terhadap pemuda Indonesia di bidang pendidikan dengan memberikan beasiswa Rp 279.250.000 bagi siswa SD/sederajat hingga SLTA/sederajat di area Jakarta, Bekasi dan Karawang Jawa Barat. Beasiswa ini diberikan untuk 240 siswa dari 28 sekolah binaan Sekolah Satu Hati dengan kriteria antara lain memiliki prestasi akademik, berasal dari keluarga pra sejahtera atau telah mengalami kejadian khusus seperti musibah dalam 6 bulan terakhir dan aktif di sekolah. (R4/h)


T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments