Jumat, 18 Okt 2019

Ribuan Kendaraan Terjebak Macet di Pelabuhan Belawan

admin Jumat, 28 Juni 2019 10:28 WIB
SIB/Pally S
MACET: Arus lalu lintas di kawasan Jalan Stasiun Belawan mengalami kemacetan saat kedatangan dan mejelang keberangkatan KM Kelud, Kamis (27/6).
Belawan (SIB) -Ribuan kendaraan di kawasan Jalan Stasiun, Belawan atau persisnya di depan Terminal Penumpang Bandar Deli, Pelabuhan Belawan terjebak dalam kemacetan parah pada saat kedatangan dan menjelang keberangkatan kapal penumpang, KM Kelud, Kamis (27/6).

Pantauan wartawan, kemacetan parah tersebut terjadi akibat masih banyak armada angkutan kota yang menunggu sewa maupun mobil penjemput maupun pengantar penumpang yang berhenti di bahu jalan. Kondisi tersebut mengakibatkan arus lalulintas di Jalan Stasiun sempat macet total.

"Tadi sekitar pukul 01.00 WIB, saya sempat terjebak dalam kemacetan selama satu jam di depan terminal penumpang, angkutan kota dan mobil pribadi banyak yang parkir di pinggir jalan, sehingga terjadi penyempitan jalan. Buntutnya ya macet total. Petugas lalulintas ada, tapi tampaknya mereka juga kewalahan mengatur," ujar Andika warga Medan yang berkunjung ke Kota Pelabuhan Belawan.

Selain Jalan Stasiun, sejumlah jalan alternatif di Kecamatan Medan Belawan, seperti Jalan Pasar, Jalan Slebes, Jalan Cimanuk juga mengalami kepadatan arus lalu lintas saat kedatangan dan menjelang keberangkatan KM Kelud.

Manejer SDM dan Umum PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 Belawan Khairul Ulya kepada wartawan mengatakan, pihaknya telah menyediakan tempat parkir yang memadai untuk kendaraan roda dua maupun mobil pribadi di areal terminal penumpang. Namun sebagian pengantar maupun penjemput masih tetap memarkirkan kendaraannya di bahu jalan, sehingga terjadi kemacetan.

Salah satu faktor penyebab terjadinya gangguan arus lalu lintas di kawasan Kota Belawan saat kedatangan dan menjelang keberangkatan KM Kelud, karena pasca perayaan Idul Fitri tahun ini, jumlah penumpang kapal angkutan massal yang dikelola PT Pelni tersebut masih tergolong padat akibat relatif mahalnya tiket pesawat udara. (M07/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments