Selasa, 20 Agu 2019

Ratusan Ribu Warga Hadiri "Millenial Road Safety Festival" di Sumut

admin Senin, 04 Maret 2019 11:37 WIB
SIB/Saut Sihombing
Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto melepas para peserta jalan santai yang mengikuti kegiatan Millenial Road Safety Festival di Lapangan Benteng Medan, Minggu (3/3).
Medan (SIB)-Berkisar 235 ribu warga Sumatera Utara menghadiri kegiatan Millenial Road Safety Festival yang diselenggarakan Polda Sumut beserta Polres jajaran. Dari jumlah tersebut, sebanyak 150 ribu warga hadir di Lapangan Benteng dan Lapangan Merdeka, Medan, Minggu (3/3).

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalulintas khususnya bagi kalangan kaum millenial. "Seperti yang diungkapkan Bapak Presiden, dalam sehari ada 80 orang menjadi korban kecelakaan lalulintas. Sementara dalam setahun, totalnya ada sebanyak 30 ribu orang", ungkapnya kepada wartawan di Lapangan Benteng, Medan.

Dari angka kecelakaan itu, sebut dia, jumlah terbesar rata-rata didominasi kaum millenial. Untuk itu, sebutnya kegiatan ini juga dapat mendorong kesadaran para kalangan muda agar lebih mematuhi peraturan lalulintas. "Sehingga dapat menghindarkan dirinya sendiri maupun orang lain menjadi korban kecelakaan lalu lintas," terangnya.

Agus mengatakan, warga millenial merupakan sosok yang bakal memberikan kontribusi yang besar kepada kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Apalagi, sambungnya, saat ini sudah didukung oleh fasilitas infrastruktur yang semakin banyak dan lebih baik.

Sementara itu, Direktur Lalulintas Polda Sumut Kombes Pol Yuli Kurniawan menambahkan, kegiatan ini dibuka dengan jalan santai yang dilepas Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto. Kegiatan ini, jelasnya, juga diadakan secara serentak di 27 provinsi di Indonesia.

"Setiap jajaran Polres gawean Polda Sumut juga melakukan kegiatan yang sama dengan masing-masing massa sekitar 80 ribu untuk kabupaten/ kota di Sumut," ujarnya.

Ia mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk ajakan, agar kaum millenial bisa mentaati peraturan lalulintas. "Karena hal itulah, makanya pak Kapolri melakukan kegiatan ini," ucapnya.

Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman yang hadir dalam kegiatan Millenial Road Safety Festival ini mengucap terimakasih kepada Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian karena telah membuat program ini. "Seperti yang diketahui bahwa korban kecelakaan lalu lintas lebih dahsyat ketimbang perang dunia kedua. Untuk itu, kegiatan ini juga menjadi peringatan kepada kita terutama orangtua," sebutnya.

Wagirin mengatakan, para orangtua harus membina anak-anak mereka agar sadar dalam berlalulintas. "Kita tidak boleh terlalu berharap dan mengandalkan polisi dan tidak boleh kita menyalahkan petugas apabila kecelakaan terjadi kepada diri sendiri, anak dan saudara kita," ujarnya.

Selain itu, menurutnya lagi, kegiatan ini, mengajarkan dan menyadarkan bagi anak-anak khususnya warga millennial untuk menjaga dirinya dan menjaga pengguna lalulintas lainnya dari kecelakaan. (A18/c)

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments