Sabtu, 23 Nov 2019

Ratusan Peserta akan Ikuti Indonesia Menari 2019 di Medan

bantors Senin, 14 Oktober 2019 17:44 WIB
SIB/Donna Hutagalung
ANTUSIAS: Para penari bersama warga antusias dan energik menari menuju Indonesia Menari 2019 yang dilaksanakan www.indonesiakaya.com memeriahkan kegiatan car free day, di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (13/10).
Medan (SIB) -Puluhan penari memeriahkan kegiatan car free day di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (13/10) pagi. Warga yang hadir menunjukkan antusiasnya menyaksikan para penari yang tampil enerjik menarikan koreografi yang memadukan tari tradisional dan modern. Bahkan, mereka turut berpartisipasi memeriahkan kegiatan Menuju Indonesia Menari di Medan itu.

Indonesia Menari 2019 merupakan kegiatan tahunan yang dipersembahkan www.indonesiakaya.com yang mulai digelar sejak tahun 2012 dengan semangat cinta budaya dan cinta Indonesia. Setelah sukses dilaksanakan serempak di Jakarta, Bandung, Solo dan Semarang, tahun ini Indonesia Menari 2019 yang diselenggarakan pada Minggu, 17 November 2019, akan semakin semarak di tujuh kota dengan adanya penambahan kota baru yaitu Medan, Makassar dan Palembang.

"Di Medan akan digelar di Sun Plaza, peminatnya sudah melebihi kuota yang ditetapkan 750 peserta. Sementara yang mendaftar sejak pendaftaran dibuka 9 September lalu, jumlahnya sudah lebih 1.000 orang," kata Renitasari Adrian, perwakilan www.indonesiakaya.com dalam keterangannya, Minggu (13/10).

Ia menjelaskan, para peserta terdiri dari perorangan, berbagai komunitas generasi milenial, sanggar tari, komunitas pecinta tari, sekolah dan universitas ini, akan bersama-sama menari dan menunjukkan kemampuan mereka untuk memerebutkan total hadiah ratusan juta rupiah.

"Indonesia Menari 2019 yang akan diselenggarakan di Sun Plaza juga dimeriahkan Syifa Hadju dan Kenny Austin. Mereka akan ikut menari bersama para peserta," katanya.

Indonesia Menari, lanjutnya, dilangsungkan dengan bentuk tarian massal koreografi yang menggabungkan gerakan tari tradisional Indonesia dan tarian modern dengan durasi empat menit diiringi musik tradisi yang diaransemen. Tahun ini www.indonesiakaya.com menggaet produser musik muda Indonesia, Jevin Julian untuk menggarap musik Indonesia Menari.

"Ada 6 lagu daerah, yaitu Anging Mamiri, Ondel-ondel, Sik Sik Si Batu Manikam, Dek Sangke, Gundul-gundul Pacul dan Manuk Dadali. Musik tradisi 6 daerah itu diaransemen dengan musik bernuansa elektronik khas Jevin Julian. Aransemen yang baru ini tentunya akan semakin menambah semangat para peserta untuk menjadi pemenang Indonesia Menari 2019," katanya.

Sedangkan untuk koreografernya, www.indonesiakaya.com kembali mendapuk Ufa Sofura, penari yang juga pernah menjadi juri audisi Indonesia Menuju Broadway. Kali ini Ufa mengemas gerakan tari tradisional secara modern yang tentunya dapat diikuti siapa saja.

Setelah sukses dilaksanakan di kota-kota di Indonesia bagian Barat tersebut, Renitasari mengatakan kegiatan Indonesia Menari selanjutnya tidak tertutup kemungkinan dilaksanakan di wilayah Indonesia Timur, seperti Papua dan Maluku.

"Itu pasti. Karena melalui kegiatan Indonesia Menari ini kami ingin menularkan "virus" cinta budaya dan cinta Indonesia. Dan setelah 8 tahun pelaksanaannya, semangat itu sudah terlihat di kalangan masyarakat Indonesia," pungkasnya. (R17/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments