Selasa, 11 Agu 2020

Rapat Banggar DPRD Langkat Minta TAPD Jelaskan Realisasi Anggaran Setiap OPD

Minggu, 02 Agustus 2020 12:42 WIB
Foto Dok/Sekwan DPRD Lkt

BANGGAR: Rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Langkat membahas Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Bupati Langkat" TA 2019 di Gedung DPRD Langkat, Minggu (26/7). 

Langkat (SIB)
Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Langkat rapat membahas Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Bupati Langkat" TA 2019, dengan TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah ) bersama Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Gedung DPRD Langkat di Stabat, Minggu (26/7).

Rapat Banggar dipimpin Surialam yang juga Ketua DPRD Langkat Surialam itu, meminta Ketua TAPD menjelaskan realisasi penggunaan anggaran yang telah dialokasikan dalam APBD 2019 di OPD masing-masing berupa pendapatan dan belanjanya berupa belanja langsung dan tidak langsung.

Dalam penjelasan Ketua TAPD yang merupakan Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat Indra Salahudin mengatakan, LPJ yang dibahas secara administratif telah diaudit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan mendapatkan opini WTP.

Pada pembahasan itu, masing-masing pimpinan dan anggota Banggar memberikan pertanyaan, kritik maupun saran terhadap realisasi maupun yang belum terealisasi atas program dan kegiatan yang telah direncanakan Kepala OPD selaku pengguna anggaran yang bertanggung jawab.

Seperti pada OPD Inspektorat, anggota Banggar Fatimah mengingatkan pengawasan internal dari Inspektorat terhadap OPD yang ada agar lebih ditingkatkan lagi. Anggota Banggar lainnya, Romelta Ginting mempertanyakan kinerja Dinas Lingkungan Hidup dalam menangani masalah limbah dan penanganan masalah pabrik PT. Jaya Palma Nusantara (JPN).

“Pengawasan terhadap semua limbah perusahaan harus benar-benar diperhatikan,” pinta Romelta kepada Kadis LH.

Target PAD Parkir kecil
Sementara dari beberapa OPD yang diundang, anggota Banggar Pimanta Ginting menyorot target PAD dari Dinas Perhubungan yang di antaranya menangani parkir dinilai terlalu kecil sehingga perlu ditingkatkan.

“Saya melihat target PAD dari parkir begitu kecil dan sesuai kondisi di lapangan, itu perlu ditingkatkan lagi,” harapnya.

Dalam pembahasan dihari pertama itu, dibahas juga unit kerja Sekretariat DPRD, Dinas PMD, BPBD, Satpol PP, Kesbang Pol, para Bagian Setdakab Langkat dan para camat yang diwakili per wilayah Langkat Hulu, Langkat Hilir dan Teluk Aru secara bergantian. (M24/p)

T#gs DPRD LangkatOPDRapat BanggarTAPD
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments