Rabu, 13 Nov 2019

Puskesmas Birubiru Galakkan Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

redaksi Jumat, 08 November 2019 16:08 WIB
SIB/dok
BANGUN: Camat Birubiru, Wahyu Rismiana bersama Kepala Puskesmas dr Susi Evanta dan Babinsa serta lainnya letakkan batu pertama dalam pembangunan jamban sehat di Desa Tanjung Sena baru-baru ini.(Foto SIB/dok)

Deliserdang (SIB)
Dinas Kesehatan Deliserdangmelalui Puskesmas Birubiru menggalakkan pembinaan terkait program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Pembinaan dilakukan dengan pembangunan jamban sehat terkonsentrasi pada 3 desa.

"Ada sekitar 60 rumah tangga yang belum memiliki jamban sehat di 3 desa yang menjadi locus atau titik STBM Kecamatan Birubiru.
Sudah ada 4 unit yang dibangun di Desa Birubiru, 8 unit sedang berjalan di Desa Tanjung Sena dan sisanya 45 unit lagi di Desa Rumah Gerat yang mudah-mudahan akan segera menyusul dalam waktu dekat," kata Kepala Puskesmas Birubiru, dr Sisi Evanta kepada SIB baru-baru ini pada peletakan batu pertama pembangunan jamban sehat di Desa Tanjungsena.

Menurut dia, dalam kegiatan seperti itu telah tercapai pilar 1 stop buang air besar sembarangan. Masyarakat harus merubah kebiasaan/perilaku yang biasa BABS untuk stop. Lalu membuat jamban sehat dengan sistem arisan jamban "marjaga hati" dengan arti "mari membuat jamban sehat keluarga, hari ini dan tidak nanti".

Pembangunan jamban sehat tambah dokter itu merupakan hasil dari swadaya masyarakat setempat. Bekerjasama dengan lintas sektoral Muspika seperti Kecamatan, Puskesmas, Danramil, Babinsa, Babinkamtibmas dan pengusaha atau swasta di Birubiru.

"Intinya kami dari Muspika mau bersinergi bagaimana mewujudkan visi bapak Kadis dan visi bapak bupati, mewujudkan Deliserdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan bersatu dalam kebhinekaan," imbuh dr Susi.

Hadir pada peletakan batu pertama itu, Camat Birubiru Wahyu Rismiana SSTP MAP dan jajaran, Babinsa, jajaran Puskesmas, tokoh masyarakat dan lain-lain.(T05/t)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments