Senin, 21 Okt 2019

Puluhan Warga Panen CPO di Jalan Tol Belmera Medan Labuhan

Minggu, 14 Juni 2015 12:18 WIB
SIB/Pally Simangunsong
Panen CPO : Puluhan warga "panen" minyak sawit mentah di kawasan jalan tol Belmera Medan Labuhan setelah mobil tangki bermuatan belasan ton minyak sawit mentah mengalami kecelakaan tunggal, Sabtu (13/6).
Belawan (SIB)- Puluhan warga di Kecamatan Medan Labuhan, Sabtu pagi (13/6) "panen" minyak sawit mentah/Crude Palm Oil (CPO) yang meluber di ruas jalan Tol Belmera kawasan Kelurahan Besar Medan Labuhan.

Ribuan liter minyak sawit mentah  tersebut berasal dari mobil tangki dikemudikan Paindoan Saragih (35) warga Kisaran yang mengalami kecelakaan tunggal sekira pukul 05.00 WIB.

Pengemudi mobil tangki CPO yang ditanyai wartawan di lokasi kejadian mengatakan,  kecelakaan  berawal saat mobil tangki bermuatan kurang lebih 15 ton minyak sawit mentah meluncur dari arah Tanjung Mulia menuju Pelabuhan Belawan.       Ketika melintas di kawasan jalan tol Belmera Medan Labuhan diduga karena mengantuk mobil tangki yang dikemudikan Paindoan Saragih terperosok ke ruas jalan tol dan selanjutnya terbalik.

"Ngantuk aku," ujar pengemudi mobil tangki CPO kepada wartawan.

Akibat kejadian tersebut hampir seluruh muatan mobil tangki meluber ke sekitar rawa yang terdapat di ruas jalan tol.      Puluhan warga yang mengetahui kejadian tersebut kemudian datang membawa berbagai jenis peralatan seperti kantongan plastik, jerigen dan ember plastik "memanen" minyak tersebut.

Bahkan sejumlah warga sempat menampung CPO yang mengalir dari penutup tangki namun kemudian  Kasat Lantas Polres Pelabuhan Belawan AKP Selamat Manalu melarang warga karena menurutnya tindakan tersebut merupakan bentuk penjarahan.

Selanjutnya, pihak kepolisian menarik pita police line di sekitar terjungkalnya mobil tangki  agar penjarahan tidak berlanjut.

"Ini merupakan kecelakaan tunggal dan murni akibat kelalaian, karena menurut supir, ia mengemudikan mobil tangki dalam keadaan mengantuk kita sudah menghubungi mobil derek untuk melakukan evakuasi ," jelas Kasat Lantas Polres Pelabuhan Belawan kepada wartawan.

Pihak kepolisian juga melakukan pengamanan dengan meletakkan sejumlah rambu-rambu agar mobil pribadi maupun truk yang melintas tidak mengalami kecelakaan sebab terdapat ceceran CPO pada sebagian badan jalan tol di sekitar lokasi kejadian.(A9/c)


T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments