Kamis, 06 Agu 2020
  • Home
  • Medan Sekitarnya
  • Program Bedah Rumah Warga Kurang Mampu Intensif Dilakukan di Desa Sei Siur Langkat

Program Bedah Rumah Warga Kurang Mampu Intensif Dilakukan di Desa Sei Siur Langkat

Kamis, 09 Juli 2020 12:31 WIB
Foto SIB/Lesman Simamora

Kepala Desa Sei Siur, Rakidi saat menyerahkan kunci rumah yang baru direnovasi yang diterima pihak keluarga penerima bantuan diwakili Risman, Rabu (8/7). 

Pangkalansusu (SIB)
Program bedah rumah kurang layak huni warga prasejahtera intensif dilakukan di sejumlah dusun yang ada di Desa Sei Siur Kecamatan Pangkalansusu Kabupaten Langkat.

Empat tahun belakangan ini, 80 unit rumah kurang layak huni milik warga kurang mampu, telah siap direnovasi secara bertahap di Desa Sei Siur. Sebanyak 30 rumah yang dibedah dengan sumber dana desa (DD), ditambah dana swadaya dari masyarakat.

“Sedangkan 50 unit rumah tak layak huni lainnya dibedah bersumber dari Kementerian PUPR,” ujar Kepala Desa Sei Siur, Rakidi SPd kepada SIB, di sela acara penyerahan kunci rumah yang baru siap dibedah milik ibu rumah tangga (IRT), Riswanti (55), warga Dusun I.

"Kegiatan bedah rumah kurang layak huni merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintahan desa bersama masyarakat terhadap warga kurang mampu sekaligus membantu program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan di desa ini," lanjut Kades.

Selain kegiatan bedah rumah kurang layak huni berikut pemasangan listrik, dan pemasangan tempat tidur, lanjutnya, pihaknya juga memberi bantuan jamban yang memadai. Dengan demikian warga kurang mampu juga terjaga kesehatanya dengan memiliki jamban yang bersih.

Kades berharap, bantuan yang diberikan dapat membantu meringankan beban IRT Risnawati yang selama 20 tahun terakhir ini hidup sebatangkara, sejak ditinggal cerai suaminya.

Risman, mewakili adiknya Risnawati (55), penerima bantuan, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintahan Desa Sei Siur yang telah merenovasi rumah adiknya itu. Rumah ini direnovasi karena sudah tak layak huni dan mau ambruk, ungkapnya.

Ngatimin (57), salah seorang tokoh masyarat desa setempat mengapresiasi kinerja dan perhatian pemerintahan desa yang mengalokasikan anggaran dana DD bekerjasama dengan sejumlah donasi sehingga bedah puluhan rumah dapat terlaksana dengan baik.

Selain kegiatan bedah rumah yang telah dilakukan untuk membangun kebersihan dan keindahan lingkungan desa, kata dia, pemerintahan desa juga berupaya dengan kerja keras untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan, sehingga Desa Sei Siur saat ini masuk nominasi dalam daftar pemilihan desa terbaik tingkat Sumatera Utara, ujarnya. (M25/p)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments