Selasa, 07 Jul 2020
PalasBappeda
  • Home
  • Medan Sekitarnya
  • Prof Raphael Finkel Beri Kuliah Umum pada Mahasiswa Fakultas Teknologi & Ilmu Komputer Unpri

Prof Raphael Finkel Beri Kuliah Umum pada Mahasiswa Fakultas Teknologi & Ilmu Komputer Unpri

Jumat, 13 November 2015 13:32 WIB
SIB/dok
Rektor Unpri Prof dr Djakobus Tarigan AAI DAAK didampingi Dekan Fakultas Teknologi & Ilmu Komputer Abdi Dharma SKom MKom menyerahkan cenderamata kepada Profesor Raphael Finkel usai memberikan kuliah umum pada mahasiswa Fakultas Teknologi & Ilmu Komputer U
Medan (SIB)- Profesor di bidang komputer dari University of Kentucky USA Raphael Finkel memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa Fakultas Teknologi & Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia (Unpri).

Kuliah umum itu juga dihadiri Rektor Unpri Prof dr Djakobus Tarigan AAI DAAK, Dekan Fakultas Teknologi & Ilmu Komputer Abdi Dharma SKom MKom, Ketua Program Studi S1 - Teknik Informatika Mawaddah Harahap S Kom MKom, Ketua Program Studi S1 - Teknik Industri Fahri Zulmy ST MT, Sekretaris Program Studi S1 - Sistem Informasi Siti Aisyah SKom MKom, Refi Ikhtiari PhD ( Lembaga Penjaminan Mutu Unpri), dan Teng Sauh Hwee SE MSi (koordinator kerjasama).

Pada kuliah umum itu, Prof Raphael Finkel menyampaikan dua topik perkuliahan. Pada sesi pertama, Prof Raphael Finkel membahas tentang  bahasa pemrograman, dengan memperkenalkan bahasa pemrograman fungsional yang  namanya ML, dan bahasa pemrograman logik dengan nama Prolog.

Kemudian, pada sesi kedua,  Prof Raphael Finkel  menyampaikan tentang 10 Algoritma yang wajib diketahui oleh seorang mahasiswa/i yang belajar ilmu komputer.

Prof Raphael Finkel  memaparkan, bahwa Algoritma memiliki arti sebuah alat untuk memecahkan masalah komputasional yang spesifik. Dalam algoritma harus terdapat input sebagai bahan yang digunakan, langkah-langkah prosedural untuk memetakan input menjadi output, dan tentu harus memiliki output sebagai hasil komputasi.

Dikatakannya, beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam menganalisis sebuah algoritma adalah Correctness (Kebenaran). Kebenaran yang dimaksud adalah output yang dihasilkan algoritma sesuai dengan apa yang diinginkan atau sesuai dengan fakta yang sesuai dengan perhitungan komputasi. Kebenaran berkaitan dengan akurasi dan presisi.

Penyajian algoritma pun dapat dilakukan dalam beberapa bentuk, sesuai dengan objek sasaran penyajian.

Algoritma juga berkaitan dengan struktur data. Pentingnya struktur data untuk mengorganisir penyimpanan data di memori. Salah satu permasalahan komputasi adalah keterbatasan sumber daya, salah satunya memori.

Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa penelitian paling awal  Prof Raphael Finkel adalah menciptakan versi pertama dari Jargon File. (R6/f)


T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments