Senin, 10 Agu 2020

Positif Covid-19 di Sergai Bertambah Satu, Total 20

Rabu, 08 Juli 2020 11:36 WIB
beritalima.com

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai, H Akmal

Sergai (SIB)
Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) bertambah satu, setelah seorang warga asal Kecamatan Dolokmerawan dinyatakan positif berdasarkan Polymerase Chain Reaction (PCR) test.

Demikian disampaikan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai, H Akmal, Selasa (7/7), di Posko Gugus Tugas di Rumah Dinas Bupati Sergai di Seirampah.

"Yang bersangkutan berjenis kelamin perempuan berusia 27 tahun, berasal dari Kecamatan Dolokmerawan," ungkapnya.

Sesuai informasi yang diperoleh dari Kadis Kesehatan Sergai, dr Bulan Simanungkalit, lanjut Akmal, yang bersangkutan merupakan tenaga medis yang bekerja di Rumah Sakit Grand Medistra Lubuk Pakam, namun ditugaskan sebagai relawan Covid-19 di RS Martha Friska Medan sejak April-Juni 2020.

Sepulang dari tugas relawan Covid-19 dan kembali bekerja di RS Grand Medistra, pihak rumah sakit meminta yang bersangkutan menjalani PCR test pada tanggal 29 Juni 2020, dan hasilnya dirilis 3 Juli 2020 yang menyatakan yang bersangkutan positif Covid-19.

"Hasil PCR test ini langsung diinformasikan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Selanjutnya pada tanggal 6 Juli 2020, Dinkes Sumut menyampaikan hasil tes tersebut ke Dinkes Sergai yang selanjutnya diteruskan ke Puskesmas Dolokmerawan untuk dilakukan prosedur contact tracing dan proses disinfeksi," terangnya.

Dari hasil pelacakan, tambah Akmal, diketahui ada dua orang kontak erat yang tinggal serumah dengan korban yakni kedua orangtuanya. Dinkes Sergai juga akan melakukan PCR test terhadap keduanya. Sedangkan yang bersangkutan telah dirujuk untuk menjalani penanganan medis di RS GL Tobing Tanjungmorawa.

Selain itu, tim Gugus Tugas Sergai melalui Dinkes bersama aparat desa juga melakukan upaya preventif seperti, penyemprotan cairan disinfektan di kediaman dan sekitar lingkungan yang bersangkutan, melaksanakan serangkaian prosedur pencegahan sesuai dengan mekanisme yang berlaku serta mengimbau masyarakat agar disiplin menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran lanjutan.

"Akibat kejadian ini, warga Sergai yang terkonfirmasi positif Covid-19 menjadi 20 orang dengan rincian 1 orang meninggal dunia, 14 orang dinyatakan sembuh dan 5 orang masih menjalani perawatan medis yakni, 3 orang dirawat di RS GL Tobing Tanjungmorawa, 1 orang di RS Martha Friska dan 1 orang di RS Mitra Sejati Medan," jelas Akmal. (T06/c)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments