Minggu, 05 Apr 2020

    Polres Binjai Antisipasi Gangguan Keamanan Pilkada

    Sabtu, 22 Agustus 2015 10:26 WIB
    Binjai (SIB)- Kepolisian Resor Binjai dalam menghadapi pelaksanaan Pilkada Desember 2015 melakukan langkah awal antisipasi khusus penanggulangan  gangguan keamanan terhadap pelaksanaan dan hasil Pemilukada di  Binjai.

    Ini diwujudkan dalam skenario pada kegiatan simulasi yang dilaksanakan Jumat (21/8)  disaksikan Muspida kota Binjai , Ketua KPU , Ketua Panwaslu serta masyarakat yang memadati Jalan Veteran depan Pendopo  Kota Binjai.

    Kegiatan simulasi dibuka  Kapolres Binjai AKBP Mulya Hakim. , sedangkan pelaksanaan kegiatan dimotori  Kabag Ops Kompol J.Sitepu. yang melibatkan personil Polres Binjai, Unsur TNI , Dinas Pemadam Kebakaran Kota Binjai dan Linmas.

    Awal terjadinya kerusuhan berasal dari aksi protes saksi calon wali kota dan wakil wali kota kepada pihak KPU , disinyalir telah terjadi kecurangan jumlah suara yang sengaja dilakukan oleh pihak KPU, masyarakat pendukung salah satu  calon yang kalah itu merangsek  masuk kekantor KPU, namun dihadang oleh petugas pengamanan Polres Binjai . Tak puas warga pendemo  memanggil warga lainnya ,  sehingga  terjadi saling dorong antar petugas dengan pendemo. Karena jumlah petugas tidak sebanding dengan massa pendemo, Polres Binjai menurunkan satu Pleton Dalmas Sat Sbahara untuk mengatasi massa pendemo yang mulai bersikap anarkis.

    Petugas Sat Binmas yang mencoba  menengahi dengan imbauan untuk mendinginkan situasi tak digubris massa pendemo, maka terjadilah bentrok antara  pendemo dengan Satuan Ton Dalmas yang diiringi lemparan benda – benda tumpul. Tidak  sampai di situ saja massa juga memblokir jalan dengan cara membakar ban di tengah jalan .

    Amuk massa pendemo makin anarkis, Satuan Ton Dalmas Sabhara melakukan trik menghalau para demo dibantu dengan mobil dinas Kebakaran yang melakukan semprotan air , sehingga para pendemo terbelah dua dan kocar-kacir menyelamatkan diri,  saat itu pula dari satuan Reskrim melakukan penangkapan terhadap beberapa orang pendemo yang menjadi provokator dalam aksi tersebut.

    Akhirnya berkat kesiapan personil Polres Binjai  massa  pendemo membubarkan diri, dan situasi dapat diatasi  , sehingga suasana kembali tertib, aman dan terkendali.

    Kapolres Binjai AKBP Mulya Hakim menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh personil dan instansi yang terkait yang telah mendukung pelaksanaan simulasi, sehingga berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

    “Kebersamaan dan kekompakan ini yang harus terus kita pelihara, untuk setiap pelaksanaan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara “ ucap Kapolres  optimis.

    Sementara itu Ketua Panwaslu Kota Binjai Mardiana menyambut baik atas simulasi yang digelar Polres Binjai.

    “  Melihat simulasi ini semula saya merasa takut, namun saya percaya Polres Binjai siap mendukung pengamanan Pilkada dikota Binjai “ katanya.(A29/c)


    T#gs
    Berita Terkait
      Komentar
      Komentar
      Silakan Login untuk memberikan komentar.
      FB Comments